Advertisement

Ini Sejumlah Ruas Jalan di Gunungkidul Rusak dan Butuh Perbaikan

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 27 Desember 2023 - 04:47 WIB
Ujang Hasanudin
Ini Sejumlah Ruas Jalan di Gunungkidul Rusak dan Butuh Perbaikan Ikustrasi-Perbaikan Jalan Sambipitu - Tawang sudah dimulai dengan melebarkan bahu jalan sisi barat dimana masih bisa dilewati kendaraan, Jumat (7/7/2023). Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul, Heri Nugroho mengatakan masih banyak ruas jalan lingkungan yang rusak dan perlu perbaikan. Dia menegaskan perbaikan tersebut merupakan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

“Banyak jalan lingkungan yang butuh rehab atau jalan baru. Ini butuh dana besar tapi desa tidak mampu untuk itu sehingga diharapkan Pemda membantu dana lewat BKK infrastruktur ke Desa,” kata Heri dihubungi, Selasa (26/12/2023).

Advertisement

Heri menambahkan beberapa ruas jalan yang rusak dan perlu perbaikan yaitu ruas Jalan Dunggubah - Wareng; Siyono - Bandung, Playen; Karangasem - Nangsri, Paliyan. Tegas dia, ruas Jalan Gading - Playen butuh direhab. Pasalnya banyak bus besar melalui jalan tersebut.

“Lalu Jalan wilayah Kapanewon Tepus menuju ojek wisata itu ada beberapa yang perlu segera direhab. Soalnya kendaraan-kendaraan kecil wisata lewat jalur-jalur itu,” katanya.

BACA JUGA: Cuti Bersama Natal Usai, Kunjungan Wisatawan ke Pantai Gunungkidul Mulai Menurun

Sebelumnya, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Wadiyana mengatakan pembangunan jalan tahun 2024 masih akan dilakukan. Anggaran yang akan dipakai berasal dari bermacam sumber pendanaan, salah satunya Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Tahun depan yang DAK rencananya akan membangun di Nangsri, Karangasem dan Patuk. Masing-masing nilainya Rp7 miliar,” kata Wadiyana dihubungi, Selasa (26/12/2023).

Wadiyana menambahkan selain DAK, Pemkab Gunungkidul juga telah mengalokasikan APBD murni untuk pembangunan jalan. Hanya saja, Wadiyana belum dapat menyampaikan karena belum menerima informasi kepastian alokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Rutan Nonaktif KPK Ajukan Praperadilan Kasus Pungli

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement