Advertisement

Tim SAR Bantul Selamatkan Satu Wisatawan yang Terseret Ombak di Pantai Parangtritis

Jumali
Kamis, 28 Desember 2023 - 15:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Tim SAR Bantul Selamatkan Satu Wisatawan yang Terseret Ombak di Pantai Parangtritis Pantai Parangtritis, Bantul, didatangi para wisatawan pada Jumat (1/4/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Tim SAR Satlinmas Wilayah III Pantai Parangtritis-Pantai Depok, Bantul berhasil menyelamatkan satu wisatawan yang yang sempat terseret ombak pantai pada Kamis (28/12/2023) siang.

Wisatawan yang berhasil diselamatkan tersebut adalah Roihan Ubaidhilah, 13, pelajar Pondok Al-Qholiliyah dan berdomisili di Kampung Jengkebuen, Bangkalan, Madura.

Advertisement

Peristiwa tenggelamnya Roihan Ubaidhilah, terjadi pada pukul 12.30 WIB. Saat itu, korban bersama rombongan datang ke Pantai Parangtritis pukul 11.25 WIB menggunakan 4 bus. Setibanya di parkiran bus, korban bersama rombongan menuju ke pantai untuk bermain air.

BACA JUGA: Ribuan Pcs Produk Kedaluarsa dan Tanpa Izin Edar Diciduk BBPOM DIY

"Namun karena terlalu asik bermain air korban masuk kearah palung dan terseret arus ketengah. Petugas jaga SAR Satlinmas Wilayah III Pantai Parangtritis-Pantai Depok dibantu Dit Polair DIY dan Basarnas yang melihat kejadian tersebut langsung memberikan pertolongan kepada korban dengan berenang," kata Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III Parangtritis, M. Arif Nugraha, Kamis (28/12/2023).

Arif berharap para wisatawan bisa menaati aturan yang ada, salah satunya tidak mandi di laut. Apalagi sampai harus turun dan bermain air hingga ke tengah area laut.

"Kami harapkan imbauan dan larangan yang ada bisa ditaati," harap Arif.

Peristiwa Kedua dalam 5 Hari Terakhir

Sebelumnya, Tim SAR Satlinmas Wilayah III Pantai Parangtritis-Pantai Depok, Bantul berhasil menyelamatkan dua wisatawan yang sempat terseret ombak pantai pada Senin (25/12/2023) sore.

Kedua wisatawan tersebut adalah Totoh Toharudin, 21, warga Ciamis, Jawa Barat, dan M Isyam, 13, warga Ciamis, Jawa Barat.

Peristiwa tenggelamnya Toharudin dan Isyam terjadi pada pukul 15.20 WIB. Saat itu, korban bersama rombongan 300 orang datang menggunakan lima bus ke Pantai Parangtritis pada pukul 12.00 WIB.

BACA JUGA: Tak Hanya Jogja Solo, KRL Juga Layak Dibangun di Bandung dan Semarang

Setelah melaksanakan ziarah ke makam-makam syeh yang ada di area wisata Pantai Parangtritis, keduanya bersama rombongan menuju ke pantai untuk bermain air.

"Namun, karena terlalu asik bermain air kedua korban masuk ke area palung dan terseret arus ke tengah," kata Arif Nugraha.

Petugas jaga dari Satlinmas Rescue Istimewa, SAR Polairud Polda DIY, dan Basarnas yang melihat kejadian langsung memberikan pertolongan kepada korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Gibran Membutuhkan NU untuk Membangun Bangsa

News
| Minggu, 28 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement