Advertisement

Perayaan Tahun Baru di Jogja Diformat Car Free Night, Ternyata Ini Alasannya

Catur Dwi Janati
Kamis, 28 Desember 2023 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Perayaan Tahun Baru di Jogja Diformat Car Free Night, Ternyata Ini Alasannya Jumpa Pers Akhir Tahun Polda DIY di Sheraton Mustika Jogjakarta Resort yang digelar pada Kamis (28/12/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kawasan Tugu hingga Titik Nol Kilometer dipastikan bebas kendaraan pada malam perayaan Tahun Baru. Sejumlah skema disiapkan dari waktu pengalihan arus, kantong parkir hingga barikade untuk jalur evakuasi darurat. 

Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Alfian Nurizal membenarkan alasan diberlakukannya Car Free Night di area Tugu dan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer.

Advertisement

Pertama, dari hasil evaluasi pada pergantian Tahun 2022 ke 2023, banyak masyarakat yang berdesak-desakan. "Berdesak-desakan antara masyarakat yang menggelar tikar yang sudah mempersiapakan dan juga bersama dengan pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat," kata Alfian pada Kamis (28/12/2023).

BACA JUGA: Malam Tahun Baru 2024, Car Free Night Diterapkan dari Tugu hingga Titik Nol Kilometer Jogja

Merujuk pada evaluasi tersebut, maka Ditlantas Polda DIY mengantisipasi efek CO2 (karbondioksida) yang ditimbulkan, termasuk efek sabotase atau kelalaian yang mungkin dilakukan pengendara saat terjebak di Tugu atau Titik Nol Kilometer pengendara keliru menginjak gas sehingga dapat menimbulkan insiden.

Agar lebih tertib dan aman, format perayaan Tahun Baru di Tugu hingga Titik Nol Kilometer diubah menjadi Car Free Night atau malam bebas kendaraan. "Untuk menertibkan mengamankan akhirnya kami mengubah menjadikan Car Free Night," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arab Saudi Tangkap Warganya yang Bicarakan Perang Hamas-Israel di Media Sosial

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement