Advertisement

Sheila on 7 Sihir Pengunjung dalam Pesta Swara Prambanan

Media Digital
Senin, 01 Januari 2024 - 10:57 WIB
Maya Herawati
Sheila on 7 Sihir Pengunjung dalam Pesta Swara Prambanan Penampilan Sheila On 7 dalam konser Swara Prambanan untuk merayakan Tahun Baru 2024 di kompleks Candi Prambanan, Sleman, Minggu (31/12/2023) malam. - Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

SLEMAN—Pesta Swara Prambanan digelar di pengujung 2023 di kompleks Candi Prambanan, Minggu (31/12/2023) malam. Tercatat, tak kurang dari 15.000 pasang mata menghadiri perayaan malam pergantian tahun ini.

Pengunjung benar-benar dimanjakan dengan berbagai acara yang digelar. Pasalnya, ada empat area perhelatan yang bisa disaksikan sehingga pengunjung bisa memilih apa yang paling disukai.

Advertisement

Keempat area ini terdiri dari Panggung Swara; Pendopo Swara; Balai Swara dan Sinema Swara. Masing-masing memiliki agenda tersendiri.

Sebagai contoh, untuk Panggung Swara menjadi lokasi utama pementasan konser musik yang menampilkan Sheila on 7, Shaggydog, Jikustik, Kunto Aji hingga Ndarboy Genk. Adapun tempat lain seperti Balai Swara menyajikan seni meramu jamu, melukis batik, bermain layangan hingga workshop wayang suket.

Acara dimulai pukul 15.00 WIB dengan menampilkan Narestari di Pendopo Swara dan meramu jamu bersama Kyoot Jamu Bar. Setengah jam berikutnya dimulai konser dengan menyajikan Jikustik yang unjuk kebolehan selama 45 menit, dan berlangsung di Panggung Swara.

Berikutnya, tampil Shaggydog disusul Ndarboy Genk. Malam puncak perayaan menampilkan Sheila on 7 dengan lagu-lagu yang pernah nge-hits seperti Sephia, Dan, hingga Melompat Lebih Tinggi.

Setelah itu, di detik-detik malam pergantian tahun diselenggarakan pesta kembang api di Candi Prambanan dan ditutup oleh Jogja Hiphop Foundation dengan lagunya Jogja Istimewa.

Salah seorang pengunjung asal Bantul, Darmono mengaku hadir bersama keluarganya untuk menghabiskan malam tahun baru di Candi Prambanan. Selain melihat bangunan megah peninggalan leluhur, dia juga menyaksikan konser musik idolanya, yakni Sheila on 7. “Memang ada band lain yang mengisi, tapi memang tujuannya untuk melihat Mas Duta dan kawan-kawan manggung,” katanya.

Commercial&Experience Specialist PT Taman Wisata Candi, Dimas Ganjar mengatakan Konser Swara Prambanan yang digelar sangat sesuai dengan karakteristik Candi Prambanan sebagai warisan budaya. Di sisi lain, banyak event berkaitan dengan seni dan budaya yang digelar di objek wisata ini.

“Pelaksanaannya tidak sendiri karena ada kolaborasi dengan pihak lain seperti Go Live Indonesia, PT Ruang Antara Suara dan lainnya. Kita sepakat membuat acara festival musik di akhir tahun yang isinya ada musik, pentas budaya hingga kesenian,” katanya.

Menurut dia, didalam acara tidak hanya menyajikan pentas musik. Namun demikian, juga ada kreasi patung setinggi Sembilan meter yang bisa dilihat pada saat konser berlangsung. “Konser ini benar-benar mengedepankan kolaborasi dengan musisi maupun seluruh seniman asli Kota Jogja,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement