Advertisement

Hujan Angin, Pohon Hingga Tiang Listrik Roboh di Kulonprogo

Triyo Handoko
Rabu, 03 Januari 2024 - 18:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Hujan Angin, Pohon Hingga Tiang Listrik Roboh di Kulonprogo Suasana evakuasi insiden pohon tumbang dan tiang listrik PLN yang roboh karena hujan deras disertai angin kencang di Jatirejo, Kapanewon Lendah pada Rabu sore (3/1 - 2023). Dok SAR Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Hujan  deras disertai angin kencang yang mengguyur sebagian Kulonprogo mengakibatkan insiden pohon dan tiang listrik roboh, Rabu sore (3/1/2023). Pohon dan tiang listrik yang roboh itu terjadi di Kalurahan Jatirejo, Kapanewon Lendah.

Sementara ini kejadian pohon dan tiang listrik tumbang hanya di Jatirejo itu saja. Pantauan Tim SAR Kulonprogo menyebut insiden serupa belum terjadi di wilayah lain.

Advertisement

Kejadian pohon dan tiang listrik roboh itu terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Tim SAR Kulonprogo butuh waktu dua jam untuk mengevakuasi pohon dan tiang listrik roboh tersebut.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Gangguan yang terjadi hanya akses jalan tak dapat dilewati sekitar dua jam hingga evakuasi ramung dilakukan," kata personil Tim SAR Kulonprogo yang bertugas, Armand Subekti pada Rabu sore.

Baca Juga

Hujan Lebat, Pohon Sengon dan Tiang Listrik di Dlingo Ambruk

Karanganyar Dilanda Angin Kencang, Satu Mobil Tertimpa Pohon

Prakiraan Cuaca Rabu 3 Januari 2023: DIY Hujan!

Arman menjelaskan gangguan lain akibat insiden tersebut adalah terputusnya aliran listrik di lokasi sekitar pohon dan tiang listrik tumbang. "Setelah kami evakuasi, petugas PLN tadi sedang berusaha menaikan tiang listrik yang tumbang agar berdiri lagi," terangnya.

Personel yang bertugas pada insiden tersebut sebanyak 11 orang. "Tidak ada hambatan berarti, semua proses evakuasi berjalan lancar," ujar Armand.

Armand menghimbau agar masyarakat luas lebih berhati-hati mengingat cuaca ekstrem kemungkinan masih akan terjadi. "Imbauan kami agar masyarakat juga dapat memitigasi dengan mengantisipasi kejadian serupa, caranya dapat dengan memangkas pepohonan di sekitarnya yang sekiranya berpotensi tumbang," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

IKN Rawan Banjir, BNPB: Sudah Ada Peta Risiko Bencana untuk 25 Tahun ke Depan

News
| Jum'at, 05 Juli 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement