Advertisement

Perhatian, Kini Kendaraan Keluar Masuk Bandara YIA Bayar Parkir Wajib Pakai E-Money

Triyo Handoko
Kamis, 11 Januari 2024 - 13:37 WIB
Maya Herawati
Perhatian, Kini Kendaraan Keluar Masuk Bandara YIA Bayar Parkir Wajib Pakai E-Money Suasana pembayaran parkir di Bandara YIA yang menggunakan sisitem pembayaran nontunai. ist - Bandara YIA

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—PT. Angkasa Pura I yang mengelola Bandara YIA resmi menerapkan sisitem pembayaran nontunai untuk perparkirannya. Parkir nontunia ini diberlakukan untuk kendaraan roda dua, roda empat, hingga bus yang keluar-masuk Bandara YIA.

Pemberlakuan parkir nontunai ini mulai dilakukan awal tahun ini Senin (1/1/2023). Tujuan pemberlakuan pembayaran nontunai ini agar mempercepat proses transaksi. "Selain itu juga untuk mengurangi penggunaan kertas agar pelayanan di bandara ramah lingkungan," kata General Manager PT Angkasa Pura I, Ruly Artha, Kamis (11/1/2023).

Advertisement

Ruly menjelaskan sebelum menerapkan pembayaran parkir nontunai, PT. Angkasa Pura I sudah mencoba melakukan simulasi pada akhir Desember 2023 lalu. "Sejak minggu ke-2 Desember 2023, kami telah melaksanakan simulasi atau transisi penggunaan kartu uang elektronik, di mana kami mengedukasi masyarakat yang masuk dan keluar bandara,” terangnya.

Pembayaran nontunai perparkiran Bandara YIA ini, lanjut Ruly, menggunakan kartu uang elektronik. Dimana secara teknis tinggal menempelkan kartu tersebut saat masuk dan keluar Bandara YIA.

BACA JUGA: Judi Online Bakal Diberantas Besar-Besaran, Kemenkominfo Mengerahkan Seluruh Tenaga

Ruly menyebut kartu uang elektronik yang dapat digunakan antara lain e-Money Bank Mandiri, Brizzi dari Bank BRI, Tap Cash dari BNI, dan Flazz dari BCA. "Pengunjung bandara dapat membeli uang elektronik dan mengisi saldonya di kantor bank atau minimarket," tuturnya.

Selain itu untuk memastikan layanan pembayaran parkir nontunai itu memudahkan, jelas Ruly, Bandara YIA juga sudah menyiapkan kios pembelian dan pengisian saldo kartu elektronik itu.

“Kami juga menyediakan kios pembelian kartu uang elektronik [di Bandara YIA] dan juga layanan untuk mengisi ulang saldo. Petugas kami pun selalu bersiap sedia untuk membantu pengguna jasa yang mengalami kendala, dengan menekan tombol bantuan yang terhubung pada petugas di ruang kontrol,” jelasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKS Berharap Prabowo-Gibran Ajak Gabung Koalisi Pemerintah Seperti PKB dan NasDem

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement