Advertisement

Prediksi dan Susunan Pemain PSIM vs Persiraja, Waspadai Kebangkitan Laskar Rencong

Yosef Leon
Selasa, 16 Januari 2024 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Prediksi dan Susunan Pemain PSIM vs Persiraja, Waspadai Kebangkitan Laskar Rencong Pelatih Kepala PSIM Jogja Kas Hartadi. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Euforia pesta PSIM Jogja saat mengalahkan PSMS Medan, Jumat (12/1/2024) mulai dilupakan. Pasalnya, skuat Laskar Mataram harus mulai mempersiapkan diri menjamu Persiraja Banda Aceh dalam lanjutan babak 12 besar Pegadaian Liga 2 2023 di Stadion Mandala Krida, Rabu (17/12024). 

Laga kontra Persiraja tersebut bakal menjadi ujian bagi konsistensi Hariono dan kolega. Terlebih, Laskar Rencong (julukan Persiraja) tentunya tak akan melewatkan laga kontra PSIM setelah mereka hanya mengemas dua poin dari dua laga sebelumnya. 

Advertisement

Skuad Persiraja datang ke Jogja dengan dua hasil yang biasa-biasa saja. Laskar Rencong sama sekali belum mencatatkan kemenangan di babak 12 besar. Di laga perdana menghadapi PSMS tim ini hanya mencatatkan hasil imbang, kemudian saat menjamu Semen Padang di kandang sendiri juga berakhir dengan skor seri. 

Di dua laga itupun Andik Verrmansyah dan kolega belum mampu memecah kebuntuan. Mereka sama sekali tidak mencetak gol. Sebaliknya PSIM yang akan menghadapi pertandingan ketiganya di babak 12 besar datang dengan motivasi tinggi. Tren positif mereka akan diuji di laga nanti. Setelah mampu menahan imbang Semen Padang dan mengalahkan PSMS.

Apakah Hariono dan kolega mampu mencundangi Persiraja?

Penyerang sayap PSIM Jogja, Ari Maring yang banyak mendapat sorotan di dua laga sebelumnya mengaku telah belajar dari kesalahannya. Topskor Laskar Mataram itu mengaku sudah berkomunikasi dengan jajaran pelatih dan berharap bisa menunjukkan performa terbaik serta menebus kesalahan saat menyia-nyiakan peluang di laga sebelumnya. 

"Khusus bagi saya pribadi, saya sudah bicara dengan pelatih kalau saya memang banyak buang peluang di pertandingan kemarin. Insyaallah besok saya bisa memperbaiki itu semua," kata Maring, Selasa (16/1/2024).

Pelatih kepala PSIM Jogja, Kas Hartadi mengatakan laga besok merupakan pertandingan penting bagi timnya. Untuk itu target kemenangan dan raihan tiga poin wajib diamankan anak asuhnya di laga itu jika ingin tetap menjaga asa lolos ke babak semifinal Liga 2 2023. 

"Yang pasti persiapan besok kami sudah siap baik mental, taktik, sudah kami siapkan. Pertandingan besok itu sangat penting sekali bagi PSIM, artinya apabila besok [lawan Persiraja] kami bisa menang, kami masih memimpin klasemen," ujarnya. 

Compact Defense

Juru taktik asal Solo itu juga enggan menanggapi kritik sejumlah pihak yang menyebut bahwa taktik yang diterapkannya terlalu pragmatis. Di laga melawan Padang dan PSMS Kas memang memainkan strategi compact defence dan hanya mengandalkan serangan balik.  "Kemarin itu bukan bertahan total, buktinya kami bisa cetak dua gol saat lawan Medan. Namanya main itu pasti ada taktik strategi, kritik itu biasa," jelasnya. 

BACA JUGA: Lawan Persiraja, PSIM Jogja Pastikan Skuad Penuh Siap Diturunkan

Upaya Persiraja yang bertekad mencuri poin di kandang Laskar Mataram agak timpang lantaran fullback kanan mereka Yasvani Yusri masih terkena akumulasi kartu saat melawan Semen Padang lalu. Hanya saja, Laskar Rencong mengaku sudah siap menganggu target PSIM yang ingin meraih kemenangan keduanya di babak 12 besar ini.

"Intinya kami tim persiraja siap untuk menghadapi partai besok. Apa yang menjadi kekurangan kita di dua partai sebelumnya sudah kita evaluasi dan mudah-mudahan anak-anak bisa menampilkan apa yang pelatih mau dan bekerja maksimal di lapangan dan hasilnya baik," kata Pelatih kepala Persiraja Achmad Zulkifli. 

Dalam persiapan sebelum laga menghadapi PSIM, Zulkifli memberikan anak asuhnya materi latihan finishing untuk memperbaiki kesalahan tidak mencetak gol di dua laga sebelumnya. "Namun, secara bertahan kita lumayan baik, dan evaluasi di latihan terakhir kita banyakan finishing supaya bisa mencetak gol dan bisa menampilkan permainan yang terbaik di laga nanti." 

Prediksi Susunan Pemain PSIM vs Persiraja 

PSIM Jogja (4-2-3-1)

Pancar Nur; Samuel, Kim Bong-jin, Achmad Faris, Dias Angga; Hariono, Ghulam; Nico, Ari Maring, Sukarja; Augusto Neto. 

Pelatih: Kas Hartadi 

Persiraja Banda Aceh (4-3-3)

M Fahri; Muhammad Revan, Zikri Ferdiansyah, Agus Suhendra, Amirul Fajar; Ridha Umami, Muammar Khadafi, Muhammad Rizky Yusuf Nst; David Laly, Andik Vermansah, Ferdinand Sinaga

Pelatih: Achmad Zulkifli

5 Pertandingan Terakhir PSIM Jogja 

12/1/2024: PSIM vs PSMS 2-1

6/1/2024: SPFC vs PSIM 1-1

18/12/2023: Persikab vs PSIM 1-1

13/12/2023: PSIM vs NUFC 0-1

25/11/2023: PSIM vs Malut 1-1

5 Pertandingan Terakhir Persiraja 

23/1/2024: Persiraja vs Semen Padang 0-0

6/1/2023: PSMS vs Persiraja 0-0

17/12/2023: Semen Padang vs Persiraja 4-0

11/12/2022: Persiraja vs PSDS 5-1

25/11/2023: Sada Sumut vs Persiraja 2-2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement