Advertisement

Proyek Infrastruktur Kota Jogja, Pengerjaan 2 Paket Strategis Dilanjutkan

Lugas Subarkah
Minggu, 21 Januari 2024 - 18:17 WIB
Maya Herawati
Proyek Infrastruktur Kota Jogja, Pengerjaan 2 Paket Strategis Dilanjutkan Kondisi Pasar Sentul Jogja. Pasar ini menjadi bagian dari 10 proyek strategis Pemkot Jogja. - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja telah mengerjakan 10 paket strategis selama 2023. Dari 10 paket strategis yang telah dikerjakan, delapan paket telah diselesaikan, dan dua paket lainnya dilanjutkan pengerjaannya di tahun ini.

Sebanyak 10 paket strategis 2023 meliputi revitalisasi Pasar Sentul, pembangunan gerbang masuk dan panggung terbuka Taman Budaya Embung Giwangan, pemeliharaan berkala Jalan Gedongkuning, pembangunan Kantor Kemantren Gondomanan, serta pembangunan saluran air hujan Kemantren Gedongtengen dan Gondokusuman.

Advertisement

Kemudian rehabilitasi sanitasi Kawasan Kraton di Kelurahan Patehan dan Kelurahan Kadipaten, pembangunan Taman Kanak-Kanak Negeri 6 Kota Jogja, serta pemeliharaan berkala Jalan Balirejo. Penetapan 10 paket strategis mempertimbangkan dampak luas ke masyarakat, terutama berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat dan berskala besar.

Ketua Tim Kerja Pengendalian Pembangunan Bagian Administrasi Pembangunan Setda Pemkot Jogja, Arwanto Prasetyo menjelaskan dua paket strategis 2023 yang dilanjutkan pada 2024 yakni Taman Budaya Embung Giwangan dan Jalan Gedongkuning sisi selatan.

Dia menjelaskan, untuk paket pekerjaan di Taman Budaya Embung Giwangan sudah ada masterplan dan Detail Engineering Design (DED). Oleh karena itu, untuk 2024 ini tinggal meneruskan. “Untuk Jalan Gedungkuning, dari masterplan pembangunan dilakukan sampai ke ujung ke selatan, sehingga di 2024 ini akan dilanjutkan. Karena ini tidak hanya [pekerjaan] jalan saja, tapi ada drainase,” ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (21/1/2024).

BACA JUGA: 7 Kecamatan Terkena Hujan Abu Erupsi Gunung Merapi

Ia mengakui pengerjaan beberapa proyek ada yang mundur karena di lapangan ada beberapa perubahan perencanaan dan penyelesaian. Namun hal tersebut masih sesuai dengan ketentuan waktu yang telah ditetapkan. “Untuk Proyek Pasar Sentul, dari target waktu penyelesaian pada 25 Desember 2023, pada tanggal 22 Desember sudah selesai,” kata dia.

Bagian Administrasi Pembangunan mengawal 10 paket strategis Pemkot Jogja mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai selesai. “Sudah dimulai dari perencanaan, sehingga 10 paket strategis menjadi fokus Bagian Administrasi Pembangunan agar pekerjaanya lancar sesuai tepat waktu dan dari spesifikasi sudah masuk,” katanya.

Setelah paket strategis itu selesai dibangun pada akhir Desember, masih ada masa pemeliharaan. Dia menyatakan selama masa pemeliharaan apabila ada kerusakan bangunan, tetap diperbaiki oleh pihak ketiga yang mengerjakan paket pekerjaan itu.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dalami Kasus Investasi Fiktif di PT. Taspen, KPK Periksa Eks Kepala Managemen Resiko

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement