Advertisement

PSIM vs Semen Padang, Laga Hidup dan Mati Bagi Laskar Mataram untuk Lolos Semifinal

Yosef Leon
Jum'at, 26 Januari 2024 - 15:47 WIB
Abdul Hamied Razak
PSIM vs Semen Padang, Laga Hidup dan Mati Bagi Laskar Mataram untuk Lolos Semifinal Skuad PSIM Jogja saat menjalani latihan persiapan di Lapangan Karang Kotagede menjelang menghadapi Persiraja Banda Aceh pada Rabu (17/1 - 2024) mendatang. Dok. Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PSIM Jogja bakal menjamu Semen Padang FC (SPFC) dalam lanjutan babak 12 besar Liga 2 2023 pada Sabtu (27/1/2024). Bagi Laskar Mataram pertandingan ini ibarat final dan laga hidup mati untuk menjaga asa lolos ke babak semifinal Liga 2 2023. 

Dua laga terakhir PSIM Jogja harus bisa disapu dengan poin penuh jika Hariono dan kolega ingin menginjakkan kaki ke babak selanjutnya. Hasil minor melawan Persiraja pekan lalu menjadi salah satu penyebab Laskar Mataram harus berjuang mati-matian di laga berikutnya. 

Advertisement

BACA JUGA: Kontra Semen Padang, Kas Hartadi Anggap Sebagai Laga Final

Kembalinya Kim Bong-jin setelah absen di laga sebelumnya akan menjadi tambahan kekuatan bagi Laskar Mataram. Ditambah pula dengan dukungan ribuan suporter di rumah sendiri menjadi salah satu hal positif bagi PSIM Jogja untuk meraih poin penuh. 

Hanya saja gelandang mereka Ghulam harus absen di pertandingan mendatang lantaran cedera. Kas Hartadi pun diperkirakan akan memasang duet Hariono dan Fadilla Akbar di laga mendatang. Menarik menyaksikan duet beda generasi ini lantaran sebelumnya belum pernah terwujud. 

Sementara di kubu tamu pun demikian. Laga nanti menjadi penting bagi Kabau Sirah untuk menjaga puncak klasmen tetap berada di genggaman mereka. Apalagi Semen Padang sampai empat laga babak 12 besar sama sekali belum mengantongi kekalahan. Ini tentu jadi tantangan tersendiri bagi PSIM. 

Pelatih kepala PSIM Jogja Kas Hartadi mengatakan, anak asuhnya sudah menyiapkan diri untuk laga nanti. Meski terbilang mepet, tetapi mantan pelatih Dewa United itu memastikan timnya siap berhadapan dengan Kabau Sirah. PSIM praktis hanya latihan satu kali menjelang laga lantaran jarak tempuh perjalanan yang cukup jauh di laga sebelumnya. 

"Untuk pertandingan besok semua pemain sudah siap baik mental maupun fisik. Besok pertandingan yang sangat penting bagi kita, jika besok kita menang berarti peluang untuk lolos ke semifinal terbuka lebar," katanya, Jumat (26/1/2024). 

Kas mengaku kondisi pemain 100 persen meski menempuh jarak jauh setelah sebelumnya menghadapi Persiraja. "Untuk masalah kelelahan sudah kita atasi, sekarang kondisi pemain semua siap kecuali ada dua yang tidak bisa main Joko karena akumulasi dan Ghulam cedera," jelasnya. 

Kas menyebutkan, di laga nanti menjadi tantangan tersendiri baginya. Kedua tim akan saling adu strategi dan yang terbaik lah yang keluar sebagai pemenang. "Yang pasti sama-sama adu strategi besok, mereka juga tahu kekuatan dan kelemahan kita dan kita juga tahu juga kekuatan dan kelemahan dari Semen Padang," pungkasnya. 

Pelatih kepala Semen Padang FC Delfiadri mengatakan, timnya juga 100 persen siap menghadapi PSIM. Skuad Kabau Sirah agak timpang di laga ini lantaran kehilangan pemain bertahan mereka Syaiful Ramadhan akibat sanksi kartu merah saat melawan PSMS Medan sebelumnya. 

BACA JUGA: Keok 1-3 di Kandang Persiraja, Kas Hartadi Singgung Buruknya Kualitas Lapangan

"Kami dari SPFC sudah siap melakoni laga melawan PSIM besok sore, mudah-mudahan permainan berjalan dengan aman dan lancar dan kedua kesebelasan menunjukkan permainan terbaiknya, mudah-mudahan sore besok kita memberikan yang terbaik," jelasnya. 

Delfi juga menganggap bahwa laga besok sama pentingnya bagi kedua tim, tidak hanya PSIM saja. "Tidak hanya PSIM, pertandingan besok sama penting bagi kedua tim mudah-mudahan kita bisa memberikan yang terbaik di laga besok, apapun yang terjadi dan siapapun yang terbaik nanti di lapangan itu yang akan memenangkan," pungkasnya. 

Prediksi Susunan Pemain PSIM vs Semen Padang FC

PSIM Jogja (4-2-3-1)

Pancar Nur; Samuel, Kim Bong-jin, Achmad Faris, Dias Angga; Hariono, Fadilla; Nico, Ari Maring, Sukarja; Augusto Neto.

Pelatih: Kas Hartadi

Semen Padang FC (4-3-3)

Iqbal Bachtiar; Wiganda Pradika, Risna Prahalabenta, Kim Min-gyu, Zulkifli Kosepa; Rosad Setiawan, Ocvian Chanigio, Fandi Eko Utomo; Arsyad Yusgiantoro, Roken Tampubolon, Kenneth Ngwoke. 

Pelatih: Delfiadri

Head to head

6/1/2024: Semen Padang vs PSIM 1-1

5 Pertandingan Terakhir PSIM Jogja

22/1/2024: Persiraja vs PSIM 3-1

17/1/2024: PSIM vs Persiraja 1-1

12/1/2024: PSIM vs PSMS 2-1

6/1/2024: SPFC vs PSIM 1-1

18/12/2023: Persikab vs PSIM 1-1

5 Pertandingan Terakhir Semen Padang 

22/1/2024: PSMS vs Semen Padang 1-1

17/1/2024: Semen Padang vs PSMS 2-0

13/1/2024: Persiraja vs Semen Padang 0-0

6/1/2024: Semen Padang vs PSIM 1-1 

17/12/2023: Semen Padang vs Persiraja 4-0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Gandeng DepositoBPR by Komunal Gelar Edukasi Finansial Untuk Karyawannya

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement