Advertisement

Ada Kenaikan! Ini Tarif Tiket Terbaru Masuk Taman Pintar Jogja

Alfi Annisa Karin
Selasa, 30 Januari 2024 - 13:07 WIB
Sunartono
Ada Kenaikan! Ini Tarif Tiket Terbaru Masuk Taman Pintar Jogja Tarif tiket masuk Taman Pintar naik sejak awal Januari 2024 / Dokumentasi Taman Pintar

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOMANAN—Salah satu destinasi wisata edukasi di Kota Jogja, Taman Pintar mengumumkan harga tiket masuk terbaru melalui sosial medianya. Kenaikan harga ini telah diberlakukan sejak awal Januari 2024 lalu.

Kasi Pemasaran dan Kerja Sama Taman Pintar Karmila menuturkan, kenaikan harga ini sesuai dengan Perda Nomor 10 Tahun 2023. "Berlaku mulai awal Januari setelah penetapan perda. Sudah lebih dari 5 tahun lalu yang harga lama," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (30/1/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Jalur, Rute dan Tarif Bus Trans Jogja, Cek di Sini

Mila mengatakan, setidaknya ada belasan wahana yang berada di dalam Taman Pintar. Masing-masing besaran kenaikan harganya bervariasi. Namun, tak signifikan. Rata-rata hanya naik sebesar 3 persen. Misalnya, tarif masik Gedung Oval Kotak yang semula dibanderol Rp 12 ribu untuk anak dan Rp 20 ribu untuk dewasa, kini berubah harga menjadi Rp 14 ribu untuk anak dan Rp 24 ribu untuk dewasa.

"Lalu ada Wahana Program Kreativitas seperti Kreasi Batik yang semula Rp 18 ribu jadi Rp 20 ribu, Kreasi Gabar semula Rp 13 ribu jadi Rp 15 ribu, dan berbagai wahana lainnya," imbuhnya.

Mila menuturkan, rombongan akan dikenai tarif yang berbeda. Selain itu, juga ada sejumlah prosedur untuk pemesanan tiket rombongan. Misalnya, mendaftarkan kunjungan dengan mengirim surat pemberitahuan. Lalu, untuk pembelian 20 tiket akan ada gratis satu tiket masuk khusus Gedung Oval Kotak dan Planetarium.

"Untuk rombongan sekolah, guru bisa mendapatkan harga tiket masuk anak. Dengan maksimal jumlah guru 10 persen dari jumlah rombongan. Kalau melebihi 10 persen, sisanya akan dikenai tarif dewasa," jelasnya.

BACA JUGA : Panduan Jalur Trans Jogja, Keliling Wisata Jogja dengan Tarif Murah!

Meski harga tiket masuk naik, tapi tak menyurutkan masyarakat untuk mengunjungi Taman Pintar. Ini dibuktikan dari jumlah kunjungan sejak awal Januari yang telah mencapai 73.127 orang. Didominasi oleh wisatawan rombongan. Dibanding tahun lalu juga tak ada penurunan yang signifikan.

"Tapi mengingat kondisi tahun lalu masih suasana pandemi, jadi tidak bisa kita jadikan perbandingan," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement