Advertisement

Tanah Longsor di Gunungkidul, Seorang Warga Lansia Tertimpa Lemari

Triyo Handoko
Kamis, 01 Februari 2024 - 14:07 WIB
Maya Herawati
Tanah Longsor di Gunungkidul, Seorang Warga Lansia Tertimpa Lemari Suasana evakuasi rumah roboh terdamapak tanah longsor di Kalurahan Hargomulyo, Gedangsari pada Kamis (1/2 - 2023). Dok BPBD Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Korban bencana hidrometeorologi berupa tanah longsor, angin kencang, dan hujan lebat di Bumi Handayani sudah dievakuasi, Kamis (1/2/2024). Bencana paling berat terjadi di Kalurahan Hargomulyo, Gedangsari. Sebuah rumah roboh dan satu orang lansia terluka akibat tanah longsor pada Rabu (31/1/2023) kemarin.

Korban luka tersebut, Temon, 60, tertimpa lemari di rumahnya saat kejadian longsor terjadi. Setelahnya, Temon yang saat kejadian tinggal di rumah seorang diri dievakuasi dan sudah dirawat di puskesmas terdekat.

Advertisement

Hasil pemeriksaan medis menyebut Temon mengalami luka pada kaki dan tergolong ringan. "Sekarang sudah membaik sudah kembali lagi tidak dirawat, sekarang tinggal di salah satu keluarga terdekatnya," jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Purwono, Kamis siang.

BACA JUGA: Januari 2024 Inflasi Indonesia Mencapai 2,57 Persen

Purwono menjelaskan instasinya bersama berbagai lembaga dan masyarakat sudah mengevakuasi rumah roboh milik Temon itu. "Kami sekarang masih lakukan asesmen, jika nanti dibutuhkan bantuan untuk perbaikan akan dianggarkan dengan dana reguler," ujarnya.

Kejadian tanah longsor di Hargomulyo itu, menurut Purwono, jadi bencana terberat evakuasinya dibanding titik-titik lain. "Karena secara geografis memang sulit, tapi berkat usaha bersama sudah kami evakuasi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Gandeng DepositoBPR by Komunal Gelar Edukasi Finansial Untuk Karyawannya

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement