Advertisement

Lepasliarkan Ratusan Burung di Gunungkidul, Prajurit TNI Ajarkan Cinta Alam

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 04 Februari 2024 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Lepasliarkan Ratusan Burung di Gunungkidul, Prajurit TNI Ajarkan Cinta Alam Ilustrasi pelepasliaran burung. - freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebanyak 312 ekor burung beragam jenis, mulai dari kutilang, perkutut, jalak kebo, trucukan, hingga tekukur dilepasliarkan di Gunungkidul. Pelepasan tersebut merupakan wujud pelestarian alam sekitar.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Perkemahan Saka Wira Kartika Tingkat Korem 072/Pamungkas di Lapangan Pendem, Karangduwet, Kapanewon Paliyan pada Sabtu (3/2/2024).

Advertisement

Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas, Brigjen TNI Zainul Bahar mengatakan kegiatan tersebut digelar untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar kepada peserta yang berasal dari perwakilan Saka Wira Kartika Kodim Bantul, Gunungkidul, Sleman, Yogyakarta, dan Kulonprogo.

BACA JUGA: Ratusan Ribu Ekor Ikan Ditebar di Kali Oya Gunungkidul

Melalui tema kegiatan Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah, peserta kemah juga diajak menanam 1.000 pohon. Pohon yang ditanam di lahan seluas 2 hektare tersebut merupakan jenis tanaman keras.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global,” kata Bahar melalui keterangan tertulis, dikutip Minggu (4/2/2024).

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan lingkungan yang lestari memberikan dampak baik untuk keseimbangan ekosistem. “Harapannya juga dapat memberikan dampak yang baik kepada masyarakat," kata Sunaryanta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement