Advertisement

Layanan Perpanjangan "Visa on Arrival" Diuji Coba TWC di Candi Prambanan

Newswire
Jum'at, 23 Februari 2024 - 07:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Layanan Perpanjangan Wisatawan mengunjungi kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan di Sleman, DIY. - Antara - Hendra Nurdiyansyah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Uji coba layanan Perpanjangan Izin Tinggal Kunjungan bagi warga negara asing (WNA) dilakukan PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC)  di destinasi Taman Wisata Candi Prambanan.

General Manager of Prambanan & Ratu Boko PT TWC I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan fasilitas layanan ini dihadirkan untuk meningkatkan kualitas layanan dan angka kunjungan wisatawan mancanegara di kawasan Candi Prambanan dan Yogyakarta pada umumnya.

Advertisement

BACA JUGA: Kantor Imigrasi Jogja Deportasi 15 WNA, Ada yang Ganggu Ketertiban

Layanan perpanjangan Izin Tinggal Kunjungan bagi WNA ini merupakan program kolaborasi antara PT TWC dengan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta, Jawa Tengah. "Fasilitas yang masih dalam tahap uji coba ini bisa diakses WNA saat berkunjung ke TWC Prambanan melalui pintu kedatangan wisatawan mancanegara mulai 22 Februari sampai April 2024," katanya dikutip Jumat (23/2/2024).

Ia mengatakan "Visa On Arrival (VoA)" merupakan layanan yang diberikan untuk mempermudah kunjungan warga negara asing baik untuk keperluan bisnis, wisata maupun kegiatan lainnya.

"Program ini diperluas dengan memberikan fasilitas di beberapa destinasi unggulan, salah satunya di destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, yang telah berjalan sejak Juli 2023," katanya.

Ia mengatakan wisatawan dapat hadir langsung dengan membawa Paspor dan "return ticket". Pengurusan VoA dilayani tiap hari Selasa dan Kamis oleh petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta, mulai pukul 09.00–15.00 WIB dengan biaya Rp500 ribu.

BACA JUGA: Jaga Stabilitas Keamanan Selama Pemilu, Kantor Imigrasi Gelar Rakor Timpora

"Layanan ini diharapkan bisa meningkatkan minat wisman berkunjung ke Candi Prambanan," katanya.

Terlebih, kata dia, proses perpanjangan VoA ini berlangsung 'one day service', sehingga wisman bisa menunggu proses layanan sembari berkunjung mengelilingi destinasi Warisan Budaya Dunia ini. "PT TWC terus berinovasi untuk memberikan kemudahan layanan Perpanjangan Izin Tinggal atau VoA bagi wisman yang berkunjung," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rombongan PAN Bertemu Presiden Jokowi, Zulkifli Hasan: Tidak Membahasa Kabinet

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement