Advertisement

Gara-Gara Satu Pemilih DPTb, TPS 3 Kalipakis Bantul Terpaksa Pemungutan Suara Ulang

Jumali
Sabtu, 24 Februari 2024 - 11:27 WIB
Sunartono
Gara-Gara Satu Pemilih DPTb, TPS 3 Kalipakis Bantul Terpaksa Pemungutan Suara Ulang Suasana pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 3 Kalipakis, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul (24/2/2024) pagi - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak 227 pemilih harus menjalani Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 3 Kalipakis, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Sabtu (24/3/2024).

Mereka harus menjalani PSU, setelah pada Pemilu 2024, 14 Februari 2024 lalu, ada satu pemilih tambahan (DPTb) mendapatkan lima surat suara dan mencoblos kelima surat suara tersebut.

Advertisement

“Jadi kemarin, karena memang ada satu pemilih DPTb yang mencoblos lima surat suara. Padahal seharusnya hanya dapatkan 1 surat suara yakni surat suara untuk Pilpres. Ini terjadi karena human error. Untuk itu kami gelar PSU hari ini,” kata Ketua KPPS TPS 3 Kalipakis, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Khomsul Latifin ditemui di lokasi, Sabtu (24/2/2024) pagi.

BACA JUGA : KPU Kota Jogja Bakal Gelar PSU di Tiga TPS

Sesuai ketentuan, lanjut Khomsul, maka PSU kali ini harus digelar untuk surat suara DPD RI, DPR RI, DPRD DIY dan DPRD Kabupaten Bantul. Oleh karena itu yang berhak untuk mencoblos pada PSU adalah sebanyak 227 pemilih yang terdaftar sebagai DPT. Dari 227 pemilih itu terdiri dari 114 perempuan dan 113 laki-laki. Adapun jumlah DPT yang tidak datang untuk mencoblos pada 14 Februari lalu di TPS 3 Kalipakis, ada sebanyak 13 orang.

“Jika dibandingkan pada pemilihan 14 Februari kemarin, kami melihat animonya kali ini cukup tinggi. Kami optimistis partisipasi masyarakat yang memilih kali ini meningkat. Jika kemarin ada 13 pemilih tidak datang, kami harap karena ini diulang maka mereka datang semua,” imbuh Khomsul.

Mengenai pelaksanaan PSU di TPS 3 Kalipakis, Tirtonirmolo, Khomsul mengungkapkan  telah dimulai sejak pukul 07.00 WIB dan akan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Setelah itu akan dilanjutkan dengan rekapitulasi suara.  “Rekapitulasi suara akan digelar di Kantor Kapanewon Kasihan nanti,” ucap Khomsul.

Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi mengatakan di DIY ada sebanyak 17 TPS menggelar PSU, dengan perincian 5 TPS di Kabupaten Bantul, 9 TPS di Kabupaten Sleman dan 3 TPS di Kota Jogja. Selain PSU, ada 6 TPS di Kabupaten Sleman juga menggelar Pemungutan Suara Lanjutan (PSL).

BACA JUGA : Jumlah TPS yang Menggelar PSU di KPU Berbeda dengan Rekomendasi Bawaslu

“Dan, semua hari ini sedang menjalankan PSU dan PSL. Kebetulan saya di Berbah, tadi saya cek di Bantul dan Kota Jogja, semua sudah berlangsung. Sejauh ini partisipasinya lumayan tinggi,” terang Ahmad Shidqi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement