Advertisement

Pembangunan Gedung DPRD Gunungkidul Dilanjutkan, Tinggal 25 Persen

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 25 Februari 2024 - 14:17 WIB
Ujang Hasanudin
Pembangunan Gedung DPRD Gunungkidul Dilanjutkan, Tinggal 25 Persen Lalu lintas di depan Gedung DPRD Gunungkidul, Senin (23/10/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Kabupaten Gunungkidul menyampaikan bahwa pembangunan gedung DPRD Gunungkidul dilanjutkan tahun ini. Pembangunan tersebut telah mencapai 75% saat ini.

Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Nanang Irawanto mengatakan pembangunan gedung DPRD masih kurang 25%.

Advertisement

“Saat ini kami masih membangun untuk lanskap dan interior DPRD,” kata Nanang dihubungi, Sabtu (24/2/2024).

Nanang menambahkan pembangunan lanskap mencakup area parkir, taman, dan pagar. Pengerjaan lanskap dan pendukung gedung DPRD mendapat alokasi anggaran Rp1,9 miliar. Selain itu, penataan interior dalam gedung mendapat pagu anggaran Rp1,5 miliar.

Pembangunan gedung tersebut memakan anggaran sekitar Rp33 miliar. Pengerjaan dilakukan sejak tahun 2022 dengan skema tahun jamak. Gedung empat lantai tersebut juga dilengkapi dengan genset senilai Rp850 juta, lalu ada lift, dan bagian depan ada sebuah joglo. “Sumber dana murni dari APBD Kabupaten,” katanya.

BACA JUGA: Pembangunan Selesai Lebih Cepat, Gedung DPRD Gunungkidul Belum Bisa Dipakai

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, Heri Nugroho mengatakan pembangunan gedung tersebut dapat dilakukan sesuai perencanaan baik waktu maupun kualitas. Menurut dia, gedung baru DPRD tersebut sebentar lagi sudah dapat ditempati.

Kata Heri, pembangunan gedung baru memang diperlukan karena DPRD membutuhkan ruang yang lebih luas untuk menggelar audiensi, berbagai rapat kerja, dan kegiatan lain.

“Misal kami akan menggelar publik hearing, dengar pendapat mengundang atau menerima tamu,” kata Heri.

Sebelumnya, Kepala DPUPRKP Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan pembangunan gedung tersebut lebih cepat satu bulan dari waktu yang telah dijadwalkan, bulan November 2023. Hanya saja memang gedung tersebut belum dapat ditempati karena masih ada pengerjaan lain.

Irawan mengaku selama proses pembangunan tersebut pihaknya terus melakukan monitoring sehingga kualitas bangunan bagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

10 Liang Lahat Disiapkan untuk Korban Kecelakaan SMK Lingga Kencana

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement