Advertisement

Yogyakarta Royal Orchestra Siap Konser di Jakarta

Abdul Hamied Razak
Kamis, 29 Februari 2024 - 10:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Yogyakarta Royal Orchestra Siap Konser di Jakarta Para musisi orkestra dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang tergabung dalam "Yogyakarta Royal Orchestra" (YRO) melakukan gladi bersih konser musik di Taman Budaya Yogyakarta, Rabu (28/2 - 2024) Humas Pemprov Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) siap tampil dalam Konser Hari Penegakan Kedaulatan Negara di Aula Simfonia Jakarta pada 1 hingga 2 Maret 2024.

Orkestra Kagungan Dalem Keraton Yogyakarta di bawah naungan Kawedanan Kridhamardawa tersebut akan menghadirkan 10 repertoar lagu perjuangan nasional dan lagu daerah. 

Advertisement

Konser tersebut akan menjadi konser kedua YRO dan konser perdana di ibukota yang terbuka untuk umum. Konser ini bertujuan untuk merayakan dan menggaungkan Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) lebih luas di Tanah Air paska ditetapkannya peristiwa Serangan Umum 1 Maret sebagai hari besar nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022.

BACA JUGA: Surya Paloh Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran 27 Februari, Begini Faktanya

Konser hari pertama pada Jumat (01/03) di Aula Simfonia Jakarta akan dihadiri tamu undangan dari Kementerian, Kedutaan Besar negara sahabat dan korps diplomatik, pejabat pemerintah pusat dan Pemda DIY, serta perwakilan masyarakat DIY di Jakarta, mitra dari Keraton Yogyakarta. Adapun untuk konser hari kedua pada Sabtu, (02/03) masih di tempat yang sana bisa dihadiri masyarakat umum dengan pembelian tiket.

"Kesiapan yang sudah kami lakukan seperti mengadakan lima kali latihan sejak Sabtu (25/02) lalu sampai hari ini. Kini kita melakukan gladi atau latihan terakhir dan sugengan sebelum Kamis pagi (29/02) kami akan berangkat ke Jakarta," ujar Pimpinan Produksi Konser HPKN - YRO 2024 Mas Lurah Widyotantomardowo saat ditemui sebelum gladi akhir di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Rabu sore (28/02).

Mas Lurah Widyotantomardowo menyampaikan pihaknya akan memboyong sekitar 62 musisi orkestra ke ibukota. Selain itu, solois vokal Daniel Christianto dan paduan suara dari PSM Universitas Indonesia Paragita akan ikut mewarnai repertoar dalam Konser HPKN Dengan RW. Widyogunomardowo selaku conductor atau pengaba nantinya.

"Setidaknya 10 repertoar akan dipentaskan dalam konser tersebut dan telah disusun aransemennya dipadukan dengan orkestra maupun solois baik vokal, violin, cello dan sebagainya. Yang paling spesial akan ditampilkan nomor istimewa berjudul ‘Himne Serangan Umum 1 Maret 1949’ yang merupakan Yasan Dalem atau karya Sri Sultan Hamengku Bawono X juga akan dibawakan dalam konser tersebut," ungkapnya.

Konser berdurasi total 1,5 jam tersebut akan menghadirkan pengalaman menyelami perjuangan para pahlawan dalam menegakkan kedaulatan RI melalui musik sekaligus mengajak penonton merasakan nuansa Jawa, khususnya DIY di Jakarta. Konser yang siap memanjakan penonton ini akan dibuka lagu Himne Serangan Umum 1 Maret 1949’ dan ditutup Sepasang Mata Bolo.

Bersamaan dengan penyelenggaraan Konser HPKN- YRO 2024, sebelum memasuki concert hall para tamu undangan hari pertama (01/03) maupun penonton hari kedua (02/03) dapat mengeksplorasi Pameran “Jayapatra: Langkah Jogja Bagi Bangsa”. Pameran ini menyajikan rentetan singkat dedikasi Yogyakarta untuk RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement