Advertisement

Dorong Gerakan Haji Muda, BPKH dan Bank BPD DIY Syariah Gelar Sosialisasi

Media Digital
Jum'at, 01 Maret 2024 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Dorong Gerakan Haji Muda, BPKH dan Bank BPD DIY Syariah Gelar Sosialisasi Anggota Pelaksana BPKH, Harry Alexander hadir dalam Sosialisasi Haji, Gerakan Haji Muda & Peningkatan Pendaftar Haji Baru 2024, Jumat (1/03/2024). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

JOGJA—Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Bank BPD DIY Syariah menggelar Sosialisasi Haji, Gerakan Haji Muda & Peningkatan Pendaftar Haji Baru Tahun 2024 di Hotel Tentrem, Jogja, Jumat (1/3/2024).

Anggota Pelaksana BPKH, Harry Alexander mengatakan antrean haji di Pulau Jawa rata-rata di atas 25 tahun.  Oleh karena itu BPKH mendorong Gerakan Haji Muda agar dari sisi kesehatan terpenuhi.

Advertisement

Meski demikian tidak juga mengurangi semangat lansia untuk mendaftar. "Gen Z, milenial sudah banyak yang daftar haji, selain memenuhi prinsip agama yang kelima ini juga membantu karena [haji] ibadah fisik. Selain untuk orientasi kehidupan pribadinya, target berangkat ibadah juga penting untuk bisa mendapatkan international environment," ujar dia.

Harry menyampaikan dari 5,3 juta orang yang masih dalam daftar tunggu haji, keterwakilan Gen Z dan milenial sudah mencapai hampir 20%. “Saat ini yang paling banyak adalah Gen X dan Baby Boomer. Sementara lansia masih ada 600.000-an orang dari 5,3 juta yang masih menunggu,” ucap Harry.

Menurutnya kuota haji dari tahun ke tahun selalu bertambah, dari 8.000, 10.000 dan saat ini sudah mencapai 20.000. BPKH memproyeksikan sampai dengan 2030 kuota haji Indonesia bisa mencapai 500.000.

"Kami ingin mengatakan ada 17 juta umat Islam di Indonesia itu memenuhi syarat dia harus haji, wajib haji karena istithaah kesehatan dan keuangan baik," ungkapnya.

Bersama Bank BPD DIY Syariah, BPKH mendorong agar bisa menjadi nomor satu bank yang dipilih untuk pendaftaran haji. Menurutnya saat ini Bank BPD DIY ada di peringkat keempat se DIY. "Kami bisa sama-sama membantu Bank BPD DIY menjadi nomor satu lagi pendaftaran haji di DIY. Saat ini baru keempat, kami harap jemaah haji bisa daftar di Bank DIY [BPD DIY]," ucap dia.

BACA JUGA: Klinong-Klinong Numpak Andong, Cara BPKH Branding Andong Sekaligus Edukasi Menabung Haji

Pemimpin Unit Usaha Syariah (UUS) Bank BPD DIY, Arif Wijayanto sosialisasi program pendaftaran haji kali ini mengundang perwakilan dari calon jemaah haji, mulai dari sekolah, rumah sakit, kantor-kantor, dinas-dinas, dan lainnya.

Diharapkan melalui kegiatan ini bisa menegakkan niat untuk menjalankan ibadah haji. "Pada hari ini BPKH menggelar sosialisasi program daftar calon haji sehingga hadir instansi-instansi yang bekerja sama dengan Bank BPD DIY. Kami ucapkan terima kasih kepada BPKH dan Kemenag yang akan memberikan sosialisasi," ucap Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement