Advertisement

Empat Puluh Persen Calon Anggota DPRD Bantul Wajah-Wajah Baru, Ini Daftarnya

Jumali
Senin, 04 Maret 2024 - 14:37 WIB
Maya Herawati
Empat Puluh Persen Calon Anggota DPRD Bantul Wajah-Wajah Baru, Ini Daftarnya Gedung DPRD Bantul. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak 40% dari total 45 calon anggota DPRD Bantul (18 orang) yang terpilih pada Pemilu 2024, adalah wajah-wajah baru.

Hal ini didasarkan kepada  hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten yang digelar Rabu hingga Jumat (28-1/3/2024) malam, dan SK KPU Bantul No.312/2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Bantul 2024.

Advertisement

Adapun 18 anggota DPRD Bantul yang tak lagi akan menempati kursi pada 2024-2029 adalah Wildan Nafis (PAN) dan Nur Subiyantoro (Gerindra) yang lolos menjadi calon anggota DPRD DIY. Sementara sisanya 16 anggota dewan yang gagal tetap duduk dikursinya antara lain, Aryunadi (PDIP); Enggar Suryo Jatmiko (Gerindra); Padmini Karyati (PAN); Eko Sutrisno Aji (PPP), Novi Saharti (Gerindra); Bibit Rustamto (Nasdem); Supriyono (PBB), Damba Aktivis (PAN); Sadji (PAN); Sefti Indra Dewi (Gerindra); Suryono (Golkar); Pambudi Mulya (PDIP);  Anton Wahono (PDIP); Arni Tyas Palupi (Golkar); Sigit Nursyam Priyanto (PKS); dan Suratun (PAN).

Sementara 27 caleg petahana DPRD Bantul yang kembali menduduki kursi dewan 2024-2029. Rinciannya, Dapil 1 (Bantul, Sewon) ada Subhan Nawwawi (PKB); Petrus Lanjar Wijiyono (Gerindra); dan Pramu Diananto Indratriatmo (PDIP). Di Dapil 2 (Banguntapan, Piyungan) ada Mahmudin (PKB); Nur Yuni Astuti (PDIP); Endro Sulastomo (PDIP); Teguh Santosa (Golkar); Ahmad Agus Sofwan (PKS); dan Edy Prabowo (Demokrat).

Sedangkan di Dapil 3 (Imogiri, Pleret, Dlingo) ada Yasmuri (PKB); Hanung Raharjo (PDIP); Suratman (PDIP);  dan Rony Wijaya Indra Gunawan (Demokrat). Untuk Dapil 4 (Kretek, Pundong, Bambanglipuro, Jetis), ada Suradal (PKB); Saryanto (Gerindra); Dwi Kristiantoro (PDIP); Paidi (Golkar); dan Muhammad Dhavid (PKS). Dapil 5 (Srandakan, Sanden, Pandak, Pajangan), ada M Agus Salim (PKB);  Jumirin (Gerindra); Sugeng Sudaryanta (PDIP);  dan Heru Sudibyo (Golkar). Sementara di Dapil 6 (Kasihan, Sedayu) ada Johan Munandar (PKB); Datin Wisnu Pranyoto (Gerindra);  Purwana (PDIP); Arif Haryanto (PKS); dan Jumakir (PPP).

BACA JUGA: Bapanas Mengklaim Harga Beras Turun Jadi Rp14.000 per Kilogram

Untuk wajah baru yang menduduki kursi dewan 2024-2029 adalah untuk Dapil 1 ada Theodora Ratna W (PDIP); Herdimas Indranugraha Putra (Golkar); Agung Laksmono (PKS); Yuliana Tumanglo (Demokrat) dan Suwandi (Ummat). Pada Dapil 2 ada Titis Ajeng Ganis Mareti (Gerindra); dan Salsha Aurellia Daninsky (PAN).

Sementara untuk Dapil 3 ada Dhony Kristanto (Gerindra); Sri Rahayu Astuti (Golkar) dan Nur Kholis Majid (PKS), sedangkan di Dapil 4, ada Sukardiyono (PKB); Ani Widayani (PDIP) dan Heri Fahamsyah (PAN).

Untuk Dapil 5 ada Dodi Purnomo Jati (PDIP); Nur Huda Waskhita Yoga (PKS) dan Sapta Sarosa (PPP). Sedangkan di Dapil 6 ada Sapto Priyono (Golkar) dan Agustinus Setyojati (PDIP).

Ketua KPU Bantul, Joko Santosa mengungkapkan data tersebut adalah perolehan suara sah dan peringkat suara sah calon anggota DPRD Kabupaten Bantul setiap partai politik. Sementara untuk penetapan perolehan kursi dan caleg yang terpilih belum bisa dilakukan. Pasalnya, penempatan alokasi kursi serta calon terpilih akan ditetapkan secara resmi oleh KPU RI.

"Dan tentunya setelah MK (Mahkamah Konstitusi) menyatakan sudah tidak ada perkara konstitusi. Jadi masih nunggu sidang di MK, itu di bulan April," ucapnya, Senin (4/3/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement