Advertisement

Rawan Balap Liar dan Petasan saat Ramadan, JJLS Bantul Diawasi Ketat oleh 3 Polsek

Jumali
Rabu, 13 Maret 2024 - 11:57 WIB
Sunartono
Rawan Balap Liar dan Petasan saat Ramadan, JJLS Bantul Diawasi Ketat oleh 3 Polsek Sejumlah petasan yang disita jajaran Polres Bantul dalam razia beberapa waktu lalu di wilayah JJLS, Srigading, Sanden. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul terus melakukan pemantauan terhadap sejumlah kegiatan masyarakat di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Bantul yang rawan selama bulan Ramadan. Pemantauan ini dilakukan 3 Polsek yaitu Kretek, Sanden dan Srandakan itu untuk memastikan jika JJLS steril dari kegiatan balap liar dan petasan.

Kapolsek Srandakan Kompol Slamet Subiyantoro mengungkapkan, selama ini untuk kawasan JJLS yang masuk wilayah Srandakan selama tiga hari pelaksanaan Ramadan dinilai kondusif. Tidak ada aksi balap liar ataupun masyarakat yang menyulut petasan di sekitaran JJLS.

Advertisement

BACA JUGA : Polres Bantul Bentuk Tim Khusus Patroli Kejahatan Jalanan Selama Ramadan

“Selain itu kami juga optimalkan pemantauan, utamanya pada sesudah Salat Subuh. Kami juga lakukan sortir mereka yang akan masuk ke tiga TPR di tempat kami yakni TPR Pantai Pandansimo, TPR Pantai Kuwaru dan TPR Pantai Cangkring. Kami screening agar mereka yang masuk tidak membawa petasan dan senjata tajam,” kata Slamet ditemui di Mapolres Bantul, Rabu (13/3/2024).

Sementara untuk malam hari, Slamet menggelar patroli melibatkan anggotanya, maupun bekerja sama dengan Polsek Sanden dan Polsek Kretek. Ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan dan aksi kejahatan jalanan. “Bahkan kalau di TPR Pantai Cangkring, kita bergabung bersama dengan Polsek Sanden untuk pengamanan,” ucapnya.

Kapolsek Kretek AKP Haryanto mengungkapkan untuk menjaga ketertiban, pihaknya telah menggelar operasi knalpot brong, petasan dan miras. Operasi sendiri telah digelar dua kali di wilayah kapanewon Kretek dan juga JJLS.

“Pada  hari  pertama Puasa kami amankan satu kendaraan yang menggunakan knalpot brong. Sedangkan di hari kedua, ada 18 knalpot brong kami amankan,” ucap Haryanto.

Selain itu, Haryanto memastikan jawatannya mengoptimalkan pemantauan terhadap tempat hiburan malam seperti karaoke agar tidak beroperasi selama Ramadan.

BACA JUGA : Tekan Balapan Liar, Pemkot: Laporkan Lewat Aplikasi Libas

“Sementara untuk karaoke kami minta untuk ditutup sementara. Nanti kami akan rutin mengecek lagi apakah tetap buka? Tentunya nantinya Kan kami panggil pemilik jika masih beroperasi. Kami minta untuk lakukan penutupan,” ucapnya.

Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, Polres Bantul sudah antisipasi meningkatnya kejahatan di malam hari bulan Ramadan. Salah satunya dengan dibentuknya tim khusus kejahatan dan patroli subuh. Kami juga menggandeng dengan pokdar kamtibmas dan beberapa elemen dalam menjaga keamanan wilayah Bantul.

“Hal ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman, khususnya bagi warga selama menjalankan ibadah puasa tanpa ada gangguan keamanan dan ketertiban,” kata Jeffry.

“Kami imbau warga untuk segera lapor jika mendapati hal-hal yang mencurigakan dan tidak main hakim sendiri serta utamakan keselamatan,” lanjutnya.

Polres, lanjut Jeffry, mengharapkan peran orang tua agar lebih memperhatikan putra putrinya jangan sampai terlibat kejahatan, pastikan ada di rumah agar tidak menjadi pelaku maupun korban kejahatan.

BACA JUGA : 3 Orang Tewas Diduga karena Balap Liar, Polisi: Masih Diselidiki

“Kami, Polres Bantul dan juga jajaran akan menindak tegas para pelaku kejahatan sesuai hukum yang berlaku agar masyarakat bisa merasa nyaman dalam menjalankan ibadah puasa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement