Advertisement

Bandara YIA Kulonprogo Borong 5 Penghargaan Internasional

Triyo Handoko
Minggu, 17 Maret 2024 - 20:27 WIB
Maya Herawati
Bandara YIA Kulonprogo Borong 5 Penghargaan Internasional Petugas customer service Bandara YIA. Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—PT. Angkasa Pura I yang mengelola Bandara YIA mendapat lima penghargaan internasional. Penghargaan itu datang dari Airport Service Quality (ASQ) Award 2023 yang diselenggarakan oleh organisasi pengelola bandara-bandara di dunia, Airport Council International (ACI).

Lima penghargaan yang diperoleh Bandara YIA yaitu Best Airport of 5 to 15 Million Passengers in Asia-Pacific atau bandara terbaik dengan penumpang 5-15 juta orang di Asia Pasifik, Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific atau bandara terbaik dalam dedikasi krunya di Asia Pasifik. Selanjutnya penghargaan untuk Easiest Airport Journey in Asia-Pacific atau bandara dengan penerbangan termudah di Asia Pasifik, Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific atau bandara termenyenangkan di Asia Pasifik, dan Cleanest Airport in Asia-Pacific atau bandara terbersih di Asia Pasifik.

Advertisement

Penentuan penghargaan tersebut didasarkan pada survei terhadap pengguna jasa di bandara untuk mengukur tingkat kepuasannya. Total ada 30 indikator performa pelayanan yang disurvei untuk menentukan penghargaan tersebut.

General Manager PT Angkasa Pura I Misranedi menyebut penghargaan ini sebagai apresiasi terhadap perusahaannya dari seluruh pengguna jasa bandara. "Kami menyampaikan rasa terima kasih telah memberikan banyak saran, masukan, dan kritik membangun yang sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas layanan kami,” jelasnya seperti dikutip pada Minggu (17/3/2024).

BACA JUGA: Perhatian! Tiket Pesawat Mudik Lebaran Garuda dan Citilink Diskon 75%

Penghargaan tersebut, jelas Misranedi, jadi penyemangatnya untuk terus berkomitmen memberikan layanan terbaiknya. "Kami terus berkomitmen memberikan layanan yang terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara dengan mengedepankan prinsip 3S+1C (Security, Safety, Services, and Compliance), sehingga pengguna jasa bandara dapat merasakan pengalaman yang berkesan selama berada di YIA," katanya.

Misranedi menjelaskan tak hanya Bandara YIA yang meraih penghargaan dalam ajang internasional itu. "Secara korporasi, PT Angkasa Pura I (AP1) berhasil meraih 24 penghargaan dari delapan bandara yang dikelola perusahaan. Jumlah penghargaan yang berhasil diraih oleh depan bandara AP1 tersebut sekaligus memecahkan rekor penghargaan yang pernah diraih perusahaan di ajang ASQ Awards," katanya.

Delapan bandara di bawah PT. Angkasa Pura I itu antara lain Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 6 penghargaan, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan 4 penghargaan, dan Bandara Adi Soemarmo Solo dengan 4 penghargaan. Lalu ada  Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 2 penghargaan, Bandara Juanda Surabaya dengan 1 penghargaan, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dengan 1 penghargaan, dan Bandara Pattimura Ambon dengan 1 penghargaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Melarang Warung Madura Beroperasi 24 Jam, Ini Klarifikasi Kemenkop-UKM

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement