Advertisement

Persiapan Mudik Lebaran 2024, KAI Daop 6 Gelar Ramp Check

Alfi Annisa Karin
Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:37 WIB
Sunartono
Persiapan Mudik Lebaran 2024, KAI Daop 6 Gelar Ramp Check Kegiatan ramp check yang dilakukan di Daop 6 beberapa waktu lalu sebagai upaya persiapan menyambut penumpang saat libur lebaran / Dokumentasi PT KAI Daop 6

Advertisement

Harianjogja.com, GEDONGTENGEN—KAI Daop 6 Yogyakarta melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut dan melayani penumpang selama momentum mudik lebaran 2024. Salah satunya dengan melakukan ramp check untuk memastikan kelaikan kereta api. Selain itu pengeckan juga dilakukan pada sarana prasarana di stasiun.

Manajer Humas Daop 6 Krisbiyantoro menuturkan ramp check atau Inspeksi kelengkapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) telah digelar bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub. Pengecekan dilakukan baik di sarana perkeretaapian maupun di stasiun. Misalnya, kesiapan lokomotif kereta, jalur, hingga persinyalan.

Advertisement

BACA JUGA : KAI Obral Diskon Puluhan Ribu Tiket Mudik Lebaran, Ini Rutenya

"Dari sarpras kami siapkan sedini mungkin, di samping perawatan rutin atau berkala. Dilakukan ramp check untuk semua kereta api keberangkatan dari Daop 6 Jogja," ujar Krisbiyantoro, Sabtu (23/3/2024).

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi gangguan perjalanan kereta api selama masa angkutan lebaran, Daop 6 turut menempatkan sarana posko. Seperti lokomotif posko, kereta pembangkit, dan crane pada titik yang telah ditentukan.

Selain itu, guna meningkatkan kenyamanan penumpang pihaknya juga menyiagakan petugas frontliner ekstra seperti Customer Service Mobile (CSM) untuk membantu memberikan Informasi dan layanan kepada pelanggan.

"Termasuk juga petugas kebersihan tambahan baik di stasiun dan atas kereta," imbuhnya.

BACA JUGA : Pemesanan Tiket KAI untuk Mudik Lebaran 2024 Mulai Dibuka

Daop 6 juga meningkatkan pengawasan terhadap faktor keselamatan di internal. Sekaligus memastikan nilai keselamatan benar-benar dijalankan melalui beberapa program keselamatan. Seperti safety talk dari jajaran manajemen kepada pekerja, inspeksi, walktrough, dan lain-lain.

"Kami berharap perjalanan kereta api pada periode angkutan lebaran 2024 berjalan dengan selamat, aman, dan nyaman. Sehingga terwujud mudik yang ceria dan penuh cerita bermakna," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Bea Cukai Tagih Alat Belajar SLB hingga Ratusan Juta, Begini Penjelasan Sri Mulyani

News
| Minggu, 28 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement