Advertisement

Permintaan Meningkat, Harga Daging Ayam di Bantul Merangkak

Jumali
Senin, 25 Maret 2024 - 15:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Permintaan Meningkat, Harga Daging Ayam di Bantul Merangkak Akvitias pedagang ayam potong di Pasar Argosari di Kapanewon Wonosari. Senin (24/7/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUKMPP) mengklaim selama Ramadan ada peningkatan permintaan terhadap daging ayam. Hal ini pula yang membuat harga daging ayam sedikit mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir.

Kepala DKUKMPP Agus Sulistiyana, mengatakan fenomena meningkatnya permintaan terhadap daging ayam kerap terjadi saat bulan Ramadan. Hal ini dikarenakan, masyarakat butuh asupan gizi dan menu bervariasi saat bulan Puasa. Hal inilah yang membuat peningkatan permintaan daging ayam untuk berbuka dan sahur.

Advertisement

“Atas kondisi ini, kami pun melalukan pemantauan baik harga maupun stok. Sejauh ini, kami menilai stok aman dan tak ada kelangkaan,” kata Agus, Senin (25/3/2024).

Baca Juga

Harga Ayam Hidup Anjlok Rp16 Ribu per Kg, Peternak Menjerit

Harga Pangan dan Transportasi Diperkirakan Dominan Pengaruhi Inflasi Bulan Ini

Update Harga Pangan 12 Maret, Cabai Mahal

Sementara salah satu penjual daging ayam potong di Pasar Bantul, Dina mengatakan, selama Ramadan angka penjualan daging ayam mengalami peningkatan. Jika dihari biasa sekitar 200 kg perhari, sejak puasa meningkat menjadi 300-400 kilogram per hari. “Untuk saat ini harga di tempat kami Rp35.000 perkilogram sampai Rp38.000 per kilogram,” katanya.

Hal sama juga diungkapkan oleh Manajer Rumah Potong Ayam Sari Group, Beni Cristiawan. Beni menyatakah selama bulan Puasa, penjualan daging ayam potong merah bisa mencapai 300 ekor ayam merah atau 1,5 kuintal per hari. Jumlah itu meningkat dibandingkan hari biasa yang hanya berkisar 200 ekor ayam merah atau 1 kuintal per hari.

“Karena memang permintaan ada kenaikan selama Puasa. Ini sejatinya tidak hanya terjadi di Bantul, tapi juga daerah lainnya. Karena masyarakat saat ini banyak yang membutuhkan daging ayam untuk lauk saat berbuka puasa,” ucap Beni.

Adanya peningkatan permintaan, diakui oleh Beni juga berdampak kepada peningkatan harga daging ayam. Di mana, untuk harga daging ayam merah per kilogram saat ini mencapai Rp35.000. “Padahal sebelum lebaran per kilogramnya hanya Rp30.000," ucap Beni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement