Advertisement

Hasil Evaluasi Pemilu 2024, Bawaslu DIY Bakal Beri Perhatian Khusus Pilkada Sleman

Newswire
Senin, 25 Maret 2024 - 19:57 WIB
Maya Herawati
Hasil Evaluasi Pemilu 2024, Bawaslu DIY Bakal Beri Perhatian Khusus Pilkada Sleman Ilustrasi Pilkada /Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Proses pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 di Kabupaten Sleman bakal diberi perhatian lebih khusus oleh Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) DIY.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu DIY Umi Illiyina mengatakan perhatian khusus untuk Sleman dibanding kabupaten lain dengan mengacu pada hasil evaluasi pemilu 2024 di DIY.

Advertisement

"Kami sudah mempersiapkan skema. Evaluasi pemilu 2024 menjadi tindak lanjut kami pada Pilkada mendatang," kata dia, Senin (25/3/2024).

Umi menyebutkan alasan Sleman menjadi prioritas perhatian pada pilkada 2024, antara lain karena banyak tokoh nasional serta mahasiswa memilih atau menggunakan hak suara di kabupaten itu. "Tokoh-tokoh nasional pusatnya di sana, perguruan tinggi, lalu mahasiswa juga," kata dia.

Selain itu, kata dia, Bawaslu DIY juga mencatat adanya kasus intimidasi terhadap penyelenggara pemilu 2024 oleh puluhan orang di Sleman yang memaksa menggunakan hak pilihnya meskipun tidak terdaftar dalam DPT di salah satu TPS setempat. "Saat itu hoaks menjadi salah satu pemicu orang tidak masuk dalam daftar pemilih, memaksa menggunakan hak pilih di TPS," ujar dia.

BACA JUGA: Perhatian, Produk Nonhalal Wajib Cantumkan Keterangan Tak Halal!

Dengan memperketat pengawasan, dia berharap dapat mencegah terjadinya pemungutan suara ulang (PSU) ataupun pemungutan suara lanjutan (PSL) agar tidak kembali terjadi di DIY. Menurut Umi, pada pemilu 2024 tercatat sebanyak 17 TPS di DIY melaksanakan PSU, sembilan TPS di antaranya berada di Sleman, dan enam TPS melaksanakan PSL yang seluruhnya berada di Sleman.

"Ini jadi evaluasi untuk meminimalkan agar tidak terjadi pada pilkada 2024 nanti," kata dia. Menghadapi pilkada 2024, Bawaslu DIY juga berupaya meningkatkan dan mengevaluasi sumber daya manusia (SDM) badan adhoc.

Selain Sleman, pelaksanaan pilkada 2024 juga bakal digelar di empat kabupaten lain di DIY yakni Kabupaten Kulon Progo, Bantul, Gunungkidul, dan Kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Butuh 14 Tahun Bersihkan Puing di Gaza Imbas Agresi Israel

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement