Advertisement

Gempa Magnitudo 5 di Gunungkidul Terasa hingga Trenggalek

Newswire
Kamis, 28 Maret 2024 - 21:07 WIB
Maya Herawati
Gempa Magnitudo 5 di Gunungkidul Terasa hingga Trenggalek Gempa Ilustrasi / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadinya gempa dengan magnitudo 5,0 di Gunungkidul, Kamis (28/3/2024) sore pukul 15.01 WIB. Pusat gempa berada di laut dengan jarak 153 kilometer barat daya Gunungkidul namun getarannya dirasakan hingga sangat jauh.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, menginformasikan gempa dengan titik koordinat gempa berada di laut pada koordinat 9,30 Lintang Selatan (LS), 110,17 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 10 kilometer ini dirasakan hingga jauh.

Advertisement

BMKG mengidentifikasi getaran gempa juga dirasakan pada skala intensitas II-III (MMI) selama beberapa saat oleh masyarakat di wilayah Kulonprogo, Bantul, Pacitan, Trenggalek, dan Wonogiri.

Kendati demikian, BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami dan hingga 15.27 WIB belum menemukan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

BACA JUGA: Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

Menurut dia, gempa tektonik tersebut adalah gempa dangkal yang disebabkan oleh adanya aktivitas subduksi lempeng. Berdasarkan analisa mekanis menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik atau thurst fault.

Untuk itu, Daryono mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisa tersebut bisa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

“Periksa dan pastikan kembali bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat getaran sebelum kembali ke dalam rumah,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puncak Musim Kemarau Diprediksi Juli-Agustus, Soal El Nino Ini Kata BMKG

News
| Sabtu, 27 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement