Advertisement

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Newswire
Jum'at, 29 Maret 2024 - 18:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan Sejumlah penumpang menunggu keberangkatan di kereta ekonomi New Generation KA Gaya Baru Malam Selatan di Stasiun Gubeng Surabaya, Sabtu (16/3/2024). ANTARA - HO/KAI Daop 8 Surabaya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang peringatan Hari Paskah akhir pekan ini, PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta mengoperasikan lima kereta api jarak jauh tambahan.

"Penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir Maret 2024," kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro dalam keterangan tertulis diterima, Jumat (29/3/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Alasan Kepolisian Hentikan Penyidikan Kasus Aiman Witjaksono

Dengan penambahan itu, kata Krisbiyantoro, Daop 6 Yogyakarta akan mengoperasikan total 27 KA jarak jauh terdiri dari 22 KA reguler dan lima KA tambahan selama periode Kamis (28/3/2024) hingga Minggu (31/3/2024).

Periode libur panjang tersebut, kata dia, juga berpotensi dimanfaatkan masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya jauh-jauh hari sebelum Lebaran.

Kereta api tambahan yang dioperasikan adalah KA Taksaka Tambahan relasi Yogyakarta-Gambir pulang-pergi (pp) , KA Manahan Tambahan relasi Solobalapan-Gambir pp, KA Lodaya Tambahan relasi Solobalapan-Bandung pp, KA Manahan relasi Solobalapan-Gambir pp, dan KA Sancaka relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng pp.

"Penambahan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen Daop 6 Yogyakarta untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini," ujar dia.

Berdasarkan pantauan pada Jumat (29/3) pagi, Krisbiyantoro menyebut Daop 6 telah memberangkatkan sebanyak 12.969 penumpang KA jarak jauh pada Kamis (28/3) dan total dari Kamis (28/3) hingga Minggu (31/3) sebanyak 43.309 penumpang KA jarak jauh.

BACA JUGA: Hore! Khusus di Jawa, Pertashop Diizinkan Menjual Pertalite

Jumlah tersebut naik 13,6 persen dari periode yang sama pekan sebelumnya yang memberangkatkan 38.114 penumpang KA jarak jauh.

Sedangkan penumpang KA jarak jauh yang turun di seluruh stasiun Daop 6 pada Kamis (28/3) sebanyak 15.565 penumpang dan total dari Kamis (28/3) hingga Minggu (31/3) sebanyak 36.413 penumpang KA jarak jauh.

Jumlah tersebut hingga saat ini tidak lebih banyak dari periode yang sama pekan sebelumnya dimana terdapat 37.842 penumpang KA jarak jauh turun di Daop 6.

"Jumlah total tersebut adalah jumlah hingga Jumat (29/3). Tentunya jumlah tersebut akan terus bertambah," ujar dia.

Daop 6 Yogyakarta mengimbau kepada calon pelanggan yang ingin menggunakan kereta api pada akhir pekan ini namun belum memiliki tiket, dapat segera membelinya baik melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun channel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, kata dia, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

"Sejauh ini tujuan favorit masyarakat yang berangkat dari Daop 6 pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta, Bandung, Madiun, Surabaya, Banyuwangi, dan tujuan favorit lainnya," kata Krisbiyantoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Melarang Warung Madura Beroperasi 24 Jam, Ini Klarifikasi Kemenkop-UKM

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement