Advertisement

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Newswire
Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:37 WIB
Ujang Hasanudin
Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU Polres Kulonprogo melaksanakan pengecekan dan imbauan kepada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah itu

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Polres Kulonprogo melaksanakan pengecekan dan imbauan kepada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah itu mengantisipasi kecurangan dalam menghadapi arus mudik dan Lebaran 1445 Hijriah.

Kanit 2 Satreskrim Polres Kulon Progo Iptu Lukas Agus Merdeka Siburian di Kulon Progo, Jumat, mengatakan pengecekan dan imbauan kepada pengusaha stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) rutin dilaksanakan setiap tahun khususnya jelang lebaran.

Advertisement

"Pengecekan ini dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang pelaksanaan mudik Lebaran 1445 H, Polres Kulon Progo pastikan semua SPBU di wilayah Kulon Progo melayani masyarakat dengan baik, tidak ada kecurangan dalam pelayanan konsumen dan keterbukaan ketersediaan Pasokan BBM di semua SPBU di wilayah Kulon Progo," kata Agus.

Ia mengatakan pengecekan terhadap SPBU bertujuan jangan sampai ada kecurangan baik itu pengurangan jumlah literan dan pencampuran dengan air.

"Kami juga mengimbau agar SPBU memberikan pelayanan dengan baik menjelang arus mudik Lebaran 1445 Hijriah," katanya.

Selain personel Satreskrim Polres Kulon Progo, Agus mengatakan jajaran jajaran polsek juga mengintensifkan patroli dialogis ke SPBU di Wilayah Wates dan sekitarnya untuk berdialog dengan petugas SPBU dan melaksanakan pengecekan segel mesin pompa untuk mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas yang disebabkan kecurangan oknum petugas SPBU.

"Kami akan menindak tegas bila menemukan kecurangan akan kami terapkan undang-undang perlindungan konsumen," katanya.

BACA JUGA: Pemkab Targetkan Perbaikan 16 Ruas Jalan di Kulonprogo Selesai Sebelum Lebaran 2024

Patroli dialogis ini dilaksanakan secara serentak oleh jajaran Polsek. Seperti halnya Unit reskrim Polsek Temon telah patroli dan menyambangi SPBU di wilayah Kapanewon Temon antara lain SPBU Prima 4455610 Kedundung, SPBU Glagah 4455608 Glagah, SPBU Sindutan 4455603 Sindutan dan SPBU Kebonrejo 4455614 Kebonrejo, tidak ditemukan kecurangan.

Selanjutnya dari Kapanewon lainnya Sentolo, Pengasih, Galur, Nanggulan dan Kalibawang Unit reskrim setempat juga melaksanakan patroli pengecekan dan dialogis dengan petugas SPBU.

Untuk Kapanewon Wilayah Sentolo SPBU 44.55.615 Demangrejo, SPBU 44.55.607 Sukoreno, SPBU 44.55.601 Malangan.
SPBU di Wilayah Kapanewon Pengasih di SPBU 4455604 Pengasih dan SPBU 4455611 Derwolo. SPBU Wilayah Kapanewon Galur SPBU Bantengan dan SPBU Barongan. SPBU di wilayah Kapanewon Nanggulan SPBU Setan dan SPBU Kenteng. SPBU di wilayah Kapanewon Kalibawang SPBU 4455612

Dari Hasil pengecekan SPBU di kelima Kapanewon tersebut tidak ditemukan kecurangan. Sedangkan Kapanewon lainnya Lendah, Kokap, Panjatan, Girimulyo dan Samigaluh tidak terdapat SPBU.

Sementara itu, Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk Setiyowati menyampaikan bahwa kegiatan patroli dialogis dan sambang SPBU ini adalah kegiatan rutin Patroli Polres Kulon Progo.

Semua SPBU yang ada di wilayah Kulon Progo ini masuk dalam beat patroli setiap menjelang mudik dan libur lebaran. Hal ini mengingat mobilitas masyarakat meningkat dan meningkatkan kegiatan rutin patroli dialogis.

"Kami mohon kerjasama seluruh masyarakat apabila menemukan kecurangan dalam pelayanan SPBU mohon kerjasamanya untuk laporkan kami atau bisa hubungi call center 110, pasti akan kami tindak lanjuti," kata Kapolres Nunuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pascaputusan MK dan Penetapan KPU, Mungkin Akan Ada Susunan Koalisi Baru Prabowo-Gibran

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement