Advertisement

262 Ribu Penumpang Diprediksi Lewat Bandara YIA saat Mudik Lebaran 2024

Triyo Handoko
Selasa, 02 April 2024 - 14:37 WIB
Sunartono
262 Ribu Penumpang Diprediksi Lewat Bandara YIA saat Mudik Lebaran 2024 Suasana apel pembukaan Posko Idulfitri Bandara YIAyang dilakukan PT. Angkasa Pura I pada Selasa (2/4 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Bandara YIA membuka Posko Idulfitri selama arus mudik lebaran 2024 ini, Selasa (2/4/2024). Prediksinya lebih dari 262 ribu penumpang akan terlayani di bandara internasional tersebut selama libur lebaran nantinya.

Posko Idulfitri itu diresmikan oleh PT. Angkasa Pura I yang akan melayani pengguna bandara hingga 18 April 2024 nanti. Prakiraan puncak jumlah keberangkatan terbanyak melalui Bandara YIA terjadi pada Sabtu (6/2/2024) nanti.

Sedangkan puncak kedatangan selama lebaran 2024 di Bandara YIA akan terjadi pada 15 April nanti. "Sebaran jumlah penumpang perharinya fluktuatif nanti akan dilihat seperti apa," kata General Manager PT. Angkasa Pura I, Ruly Artha pada Selasa pagi.

BACA JUGA : Lebaran 2024, Tol Jogja-Solo Fungsional Mulai Beroperasi 5 April

Advertisement

Dibandingkan tahun sebelumnya, Ruly memprediksi jumlah penumpang yang terlayani pada lebaran 2024 ini lebih banyak. "Karena tahun ini masa liburannya lebih panjang dibanding tahun lalu," ujarnya.

Kondisi terkini Bandara YIA, jelas Ruly, masih landai hingga Selasa (2/4/2024) ini dimana rata-rata penumpang perharinya sebanyak 10 ribu orang. "Perbangan saat ini ada sekitar 80 pergerakan tiap harinya, kedepan akan bertambah," ungkapnya.

Peningkatan penumpang, sambung Ruly, akan mulai terjadi dalam minggu ini dimana perkiraannya jumlah penumpang perharinya 14 ribu hingga 16 ribu orang. "Sudah diantisipasi maskapai dengan menambah jumlah penerabangan," tuturnya.

Penambahan penerbangan ekstra untuk mengantisipasi perkiraan lonjakan jumlah penumpang itu, lanjut Ruly, dilakukan berbagai maskapai. "Ada sekitar 372 penerbangan ekstra yang sudah disiapkan sebagai antisipasi lonjakan penumpang," terangnya.

Posko Idulfitri Bandara YIA akan difungsikan untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang yang jumlahnya melonjak. "Dalam segi keamanan akan ditingkatkan juga, posko nanti bisa jadi sarana dan fasilitas bagi penumpang dan pengguna jasa bandara lain agar nyaman dan aman selama libur lebaran ini," ujarnya.

BACA JUGA : Soal Pelanggaran Batas Harga Tiket Pesawat, Menhub: Akan Diberi Sanksi

Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I, Ike Yutiane menyampaikan kehadiran Posko Idulfitri ini juga untuk mengondisikan penumpang dengan baik. "Karena jumlahnya nanti melonjak, agar semuanya tertata dan terkondisikan dengan baik. Terutama memantau pergerakan penumpang di Bandara YIA dan memastikan semuanya terlayani dengan baik," ucapnya.

Posko Idulfitri Bandara YIA, jelas Ike, diharapkan dimaksimalkan oleh pengguna jasa bandara internasional itu. "Kami juga melibatkan berbagai pihak seperti kepolisian agar semuanya aman dan nyaman, sehingga masyarakat yang menggunakan Bandara YIA dan terlayani maksimal," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement