Advertisement

Semarak Malam Lebaran, Jogja Ramai Takbiran Keliling

Yosef Leon
Selasa, 09 April 2024 - 21:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Semarak Malam Lebaran, Jogja Ramai Takbiran Keliling Suasana malam takbir keliling di kawasan halaman Masjid Gedhe Kauman pada Selasa (9/4/2024) malam. - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah titik di Kota Jogja menggelar takbir keliling menyambut Idulfitri 2024 pada Selasa (9/4/2024) malam.

Terpantau ada sejumlah wilayah yang menggelar takbir keliling di antaranya di kawasan Alun-Alun Kidul, Mergangsan dan Titik Nol KM Jogja.

Advertisement

Salah satunya yang cukup meriah adalah gelaran Gema Takbir Jogja 2024 yang dilaksanakan Angkatan Muda Muhammadiyah dari 11 masjid yang melibatkan ratusan peserta. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah Semarak Takbir Menjalin Persaudaraan dengan memperebutkan piala Sri Sultan HB X.

Pawai takbir itu mengambil start dari halaman Masjid Gedhe Kauman. Peserta secara bergantian menampilkan tari dan pertunjukan musik di halaman masjid untuk penampilan pertama.

Setelah itu, mereka mengarak karya maskot hasil kreasi masing-masing berupa semangka, gatotkaca maupun ka'bah. Di Titik Nol KM Jogja mereka akan menampilkan penampilan kedua.

Rute arak-arakan dimulai dari pelataran Masjid Gedhe Kauman, ke Jalan Trikora, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Nyai Ahmad Dahlan, Jalan Kauman, hingga berakhir di Regol Masjid Gedhe Kauman. Acara religi ini akan turut menampilkan perpaduan seni dan budaya lewat atraksi yang menghibur

Ketua Panitia Gema Takbir Jogja 2024 Muhammad Arvin Ramdhan Fadhila mengatakan kegiatan ini merupakan acara yang selalu dinanti masyarakat Jogja dan sekitarnya. Lewat acara ini pihaknya ingin menjalin persaudaraan antar sesama umat muslim.

“Dengan acara ini kami bisa menjalin silaturahmi dengan sesama umat muslim dan membangun Jogja lebih baik,” katanya, Selasa.

Wakil Ketua PWM DIY Nur Ahmad Ghazali menyebut Gema Takbir Jogja berupaya untuk menjalin persaudaraan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam bentuk takbir keliling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement