Advertisement

Dua Titik Wisata di Sleman Ini Bakal Macet Saat Libur Lebaran, Ini Skema yang Disiapkan Dishub

Catur Dwi Janati
Selasa, 09 April 2024 - 08:37 WIB
Arief Junianto
Dua Titik Wisata di Sleman Ini Bakal Macet Saat Libur Lebaran, Ini Skema yang Disiapkan Dishub Taman wisata Kaliurang. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sejumlah skenario rekayasa lalu lintas disiapkan untuk mengurai kemacetan di beberapa objek wisata di Sleman selama libur Lebaran. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman, Arip Pramana mengungkapkan ada dua titik rawan kemacetan pada jalur objek wisata. Pertama ada di jalur wisata arah Prambanan atas seperti Tebing Breksi hingga Candi Ijo, sedangkan yang kedua ada di objek wisata Kaliurang. 

Advertisement

Meski berpotensi macet, kedua jalur tersebut telah memiliki skema penguraian kemacetannya masing-masing.

Untuk objek wisata di kawasan Prambanan atas, Dishub bersama Pokdarwis sudah biasa melakukan pengaturan lalu lintas dengan melihat kondisi ruang parkir yang dimiliki Tebing Breksi maupun objek wisata lain di wilayah Prambanan atas.  "Sehingga kalau sudah penuh, kendaraan ditahan di jalur Prambanan-Piyungan agar tidak antri di tanjakan," kata Arip, Senin (8/4/2024).

BACA JUGA: Libur Lebaran, Puskesmas Rawat Inap di Sleman Tetap Buka 24 Jam

Sementara untuk mengatasi titik rawan macet lainnya yakni di objek wisata Kaliurang, Dishub Sleman menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas yang bersifat situasional. Salah satunya penerapan sistem one way bila terjadi kepadatan kendaraan di kawasan wisata Kaliurang. "Untuk obwis Kaliurang situasional. Skenario yang bisa diterapkan antara lain one way untuk Jl. Kaliurang khusus naik jika kendaraan penuh. Sedangkan turunnya lewat Jl. Kaliurang Barat," kata dia. 

Adapun sistem one way ini akan diterapkan hanya di seputar kawasan Kaliurang. Yakni mulai pintu gerbang TPR Kaliurang ke arah atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement