Advertisement

Sampah di Pantai Parangtritis Capai 3,6 Ton per Hari, Melonjak Selama Lebaran

Jumali
Senin, 15 April 2024 - 13:17 WIB
Maya Herawati
Sampah di Pantai Parangtritis Capai 3,6 Ton per Hari, Melonjak Selama Lebaran Wisata Pantai Parangtritis, Bantul / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Peningkatan volume sampah terjadi di sejumlah objek wisata saat libur Lebaran 2024. Khusus untuk kawasan Pantai Parangtritis sampai Pantai Depok peningkatan volume sampah bisa mencapai 1,2 ton setiap hari selama libur Lebaran 2024 dibandingkan hari biasa.

Koordinator Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Parangtritis-Depok Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Suranta mengungkapkan ada peningkatan sampah selama libur Lebaran 2024. Hal ini seiring dengan banyaknya pengunjung yang memenuhi kawasan Pantai Parangtritis sampai Pantai Depok.

Advertisement

“Selain itu, kemarin pas lebaran hari pertama kan terjadi hujan. Otomatis ini kan banyak sungai kecil yang bermuara langsung di Pantai Parangtritis membawa sampah dan menambah keberadaan sampah di kawasan ini,” kata Suranta, Senin (15/4/2024).

Oleh karena itu, dirinya bersama dengan 23 petugas kebersihan pantai harus bekerja ekstra untuk melakukan pembersihan sampah di kawasan Pantai Parangtritis sampai dengan Pantai Depok. Sebab, ada sebanyak 3,6 ton sampah setiap harinya pada saat libur Lebaran 2024.

“Hari Kamis (11/4/2024) itu kami membersihkan sampah itu sampai 12 gerobak viar. Padahal satu gerobak viar itu 3 kuintal sampah. Dan, jumlah sampah selama libur Lebaran itu rata-rata setiap hari memang segitu,” kata Suranta.

Jumlah ini ungkap Suranta, meningkat dibandingkan hari biasa. Sebelum libur Lebaran, petugas setiap hari membersihkan sampah sebanyak 2,4 ton atau 8 gerobak viar. Dengan estimasi setiap viar, sampah yang terkumpul tiga kuintal.

“Ini dalam kondisi normal lho. Tidak pas banjir. Jika pas ada banjir dan kiriman dari sungai ya, bisa lebih,” ucap Suranta.

Lebih detail, Suranta mengungkapkan 23 petugas yang ada selama ini dibagi dalam beberapa kelompok dan zona. Mereka akan langsung melalukan pembersihan sampah jika mendapati ada sampah di zona mereka.

Agar lebih efektif, Suranta menuturkan para petugas, utamanya di kawasan zona utama (ikon Pantai Parangtritis) memilih membersihkan sampah pada malam hari.

“Kalau malam hari pengunjung kan tidak banyak. Ini memudahkan akses kita untuk mengambil sampah. Kalau diambil siang hari nanti kan mengganggu kenyamanan pengunjung juga,” ucap Suranta.

BACA JUGA: Ratusan Hotel di Jepang Jadi Korban Penipuan lewat Booking.com

Suranta mengungkapkan sampah tersebut kemudian akan diangkut oleh petugas menggunakan viar ke suatu tempat yang ditentukan dan nantinya akan diambil oleh truk sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul. “Karenakan tidak setiap hari truk sampah datang. Berapa hari sekali nanti akan diambil dari DLH,” ucap Suranta.

Optimalisasi 36 Truk

Kepala DLH Bantul Bambang Purwadi Nugroho mengaku telah mengantisipasi adanya penumpukan sampah utamanya di objek wisata pantai pada libur Lebaran 2024.

Selain mengoptimalkan 36 armada truk yang ada, DLH bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Bantul untuk mengoptimalkan pembersihan sampah di objek wisata. Sebab, DLH memperkirakan ada sekitar 2 ton sampah per hari di lokasi wisata pantai.

“Untuk itu kami kerja sama dengan petugas yang ada untuk membersihkan dan mengangkut sampah yang ada,” kata Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement