Advertisement

Tiga Kader PKS Masuk Bursa Calon Bupati di Pilkada Bantul, Berikut Nama-namanya

Jumali
Selasa, 16 April 2024 - 11:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Tiga Kader PKS Masuk Bursa Calon Bupati di Pilkada Bantul, Berikut Nama-namanya Logo PKS

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULSejumlah partai politik di Bantul mulai melakukan pergerakan jelang pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Bantul pada Pilkada 2024, 27 Agustus 2024.

Selain melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Bantul secara internal, komunikasi antarpartai pun kian dimasifkan.

Advertisement

Ketua DPD PKS Bantul Agung Laskmono mengatakan, berbagai langkah telah dilakukan oleh partainya menjelang pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Bantul pada Pilkada 2024, 27 Agustus 2024.

BACA JUGA: Soal Erina Jadi Bakal Calon Bupati Sleman, Ini Kata Kaesang

Salah satunya adalah melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Bantul di tingkat internal partai.

“Hasilnya mengerucut ke tiga kandidat bakal calon dari internal. Ketiga kandidat bakal calon tersebut adalah Amir Syarifudin, Arif Rahman Hakim dan saya sendiri, Agung Laksmono. Tapi ini masih sebatas bakal calon dari hasil penjaringan internal yang nantinya kami bawa dalam survey elektabilitas,” kata Agung, Selasa (16/4/2024).

Setelah mendapatkan tiga nama bakal calon internal, Agung mengaku nantinya pihaknya akan melakukan tahapan berupa survey elektabilitas. Survey ini menjadi salah satu bagian penting sebelum menentukan bakal calon mana nantinya yang akan diusung pada Pilkada Bantul.

“Selain itu, komunikasi dengan elemen masyarakat dan partai lainnya juga terus kami intensifkan usai Lebaran. Karena memang belum ada pengerucutan nama siapa nanti yang akan kami usung,” lanjutnya.

BACA JUGA: Seluruh Korban Longsor Tana Toraja Ditemukan, BNPB: Operasi SAR Gabungan Dihentikan

Oleh karena itu, Agung menyatakan sampai saat ini pihaknya juga belum bisa mengungkapkan nama-nama kandidat di luar internal partai yang nasuk dalam kandidat bakal calon yang disurvey.

Disinggung terkait komunikasi dengan salah satu bakal calon Bupati, Untoro Hariadi, Agung mengaku sampai saat ini masih terus berjalan. Apalagi, Untoro bukan orang baru bagi PKS.

“Kalau Mas Untoro kan kemarin kita juga bergabung dalam tim pemenangan Amin [Anis Baswedan-Muhaimmin Iskandar] di Pilpres. Jadi komunikasi nonformal juga terus dilakukan. Tapi prinsipnya itu baru sebatas komunikasi awal,” ucap Agung.

Sementara Sekretaris DPC PDIP Bantul Hanung Raharjo mengatakan kooordinasi awal terkait dengan mekanisme penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Bantul pada Pilkada 2024 kemungkinan akan digelar pekan ini.

Selain itu, PDIP Bantul juga masih menunggu koordinasi lebih lanjut dengan DPW PDIP DIY dan DPP PDIP terkait penjaringan bakal calon yang akan disurvey elektabilitas dan diusung pada Pilkada Bantul.

Oleh sebab itu, Hanung mengaku belum bisa mengungkapkan lebih jauh nama-nama kandidat bakal calon yang akan disurvey dan diusung pada Pilkada Bantul.

“Untuk komunikasi dengan partai lain, sejauh ini kami tetap melakukan komunikasi,” ucap Hanung yang juga Ketua DPRD Bantul tersebut.

Sementara Bupati Bantul sekaligus Ketua DPC PKB Bantul Abdul Halim Muslih menyatakan keputusan DPD Golkar Bantul memasukkan namanya dalam kandidat bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan disurvey elektabilitas adalah hak dari partai politik tersebut.

“Dan itu bisa kita pahami. Itu hak masing-masing partai. Kalau pun ada nama saya di partai tertentu itu nanti kan ada tindak lanjut,” kata Halim.

Halim mengaku sampai hari ini dirinya juga belum menerima surat panggilan dari DPP Partai Golkar terkait masuknya dirinya dalam kandidat bakal calon yang akan disurvey.

“Sampai hari ini semua partai politik ini sedang melakukan komunikasi politik,” ucap Halim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement