Advertisement

Percaya Diri, PDIP Gunungkidul Usung Kader Sendiri di Pilkada 2024

Andreas Yuda Pramono
Senin, 22 April 2024 - 18:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Percaya Diri, PDIP Gunungkidul Usung Kader Sendiri di Pilkada 2024 PDI Perjuangan. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih menegaskan bahwa DPC PDIP Gunungkidul akan mengusung bakal calon dari kader internal dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“PDI Perjuangan saya pastikan akan  mengusung kadernya, entah itu menjadi AB I [Bupati] atau AB II [Wakil Bupati] sambil melihat situasi dan kondisi di lapangan yang sangat dinamis dan unpredicted,” kata Endah dihubungi, Senin (22/4/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Jelang Pilkada 2024, Bawaslu DIY Mencermati Gerak-gerik Kepala Daerah Petahana

Endah menambahkan baik DPC PDIP maupun partai politik (parpol) lain tidak dapat mengusung kader tanpa koalisi. Sebab itu, DPC PDIP telah melakukan komunikasi dengan ketua partai lain meski non formal. Salah satu partai yang dia maksud yaitu Nasdem melalui Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem, Suharno. Lalu, dalam waktu dekat, DPC PDIP akan melakukan safari politik ke partai lain.

Endah juga menjawab pertanyaan mengenai pencalonan dirinya dalam Pilkada 2024. Pada prisinpnya, dia mengaku siap apabila Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP memberikan surat rekomendasi kepadanya.

Dia menegaskan dirinya tidak memiliki kewenangan untuk memutuskan. Masih terkait pencalonan, Endah menerangkan DPC PDIP perlu menggelar survei popularitas dan elektabilitas. Masukan dari kader dan masyarakat juga menjadi pertimbangan penentuan

“Sesuai surat instruksi DPP PDI Perjuangan No.6036/IN /DPP /IV/2024 DPD dan  DPC Partai maka telah diinstruksikan agar segera ada pembukaan pendaftaran cabup dan cawabub baik dari  internal  maupun external partai selambat-lambatnya tanggal 31 Mei 2024,” katanya.

Sekretaris DPC PDI Pejuangan Gunungkidul, Warto menyampaikan bahwa DPC PDIP segera mengumpulkan pimpinan anak cabang (PAC) di Gunungkidul guna membahas pencalonan kepala daerah di Pilkada 2024.

Senada dengan Endah, Warto mengaku DPP PDIP belum menurunkan surat rekomendasi kepada siapapun termasuk kepada Endah sebagai Ketua DPC PDIP Gunungkidul.

BACA JUGA: Ketua DPRD Gunungkidul Masuk Bursa Pilkada 2024

Sebagaimana diketahui, Endah Subekti Kuntariningsih merupakan Ketua DPRD Gunungkidul 2019 – 2024. Pada Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2024, Endah mencalonkan diri untuk memperebutkan kursi DPRD namun gagal meraih kursi.

“Tahun ini kami hanya mendapat delapan kursi,” kata Warto.

Delapan kursi tersebut akan diisi oleh Sugito, Mega Nusantara Wati, Untung Ardiyanto, Lasarus Arintoko, Agus Joko Kriswanto, Sigit Subarno, Endang Sri Sumiyartini, dan Tejo Aribowo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menhub Budi Karya Sebut Pembangunan Infrastruktur Transportasi Meningkat Selama 10 Tahun Terakhir

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement