Advertisement

Halim Ambil Formulir Pendaftaran Calon Bupati Bantul di Kantor PDIP

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 23 April 2024 - 18:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Halim Ambil Formulir Pendaftaran Calon Bupati Bantul di Kantor PDIP Bupati Bantul Abdul Halim Muslih - Harian Jogja/Dok.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Bupati Bantul Abdul Halim Muslih yang juga Ketua DPC PKB Bantul mengambil formulir pendaftaran bakal calon (balon) Bupati Bantul pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 melalui DPC PDIP Bantul. 

Wakil Sekretaris DPC PKB Bantul, Muhammad Syafikudin menyampaikan dia ersama dengan satu orang kader DPC PKB Bantul mengambil formulir balon Bupati Bantul melalui DPC PDIP Bantul. 

Advertisement

Dia menyampaikan langkah yang diambil Abdul Halim Muslih tersebut lantaran DPC PKB Bantul belum membuka pendaftaran secara resmi untuk balon Bupati Bantul untuk Pilkada 2024. 

BACA JUGA: Golkar DIY Bakal Terima Nama Calon yang Dijaring di Pilkada 2024, Berikut Nama-nama Kandidatnya

“Memang secara resmi yang pendaftaran dari PKB di Bantul belum launching. Rencana mungkin satu atau dua hari ke depan akan launching secara resmi penjaringan kepala daerah,” ujarnya, Selasa (23/4/2024).

Nantinya apabila DPC PKB Bantul membuka pendaftaran, Syafik menyebut bahwa Abdul Halim Muslih akan tetap akan mendaftarkan diri melalui PKB. Hal itu untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB.

“Baik itu dari internal partai sendiri, partai lain, atau unsur masyarakat yang lain, jika ingin mendaftar melalui PKB juga harus mengambil formulir dari DPC PKB Bantul,” katanya. 

Dia menuturkan Abdul Halim Muslih tidak hanya mengambil formulir pendaftaran melalui DPC PDIP Bantul saja, namun juga melalui beberapa partai lain, antara lain Partai Golkar dan Gerindra.

Dia menuturkan Abdul Halim Muslih juga telah mengutus perwakilan untuk mengambil formulir pendaftaran di dua partai tersebut. Hanya saja ia belum bisa memastikan apakah formulirnya sudah terambil atau belum. 

“Jadi tidak hanya di PDIP, karena sampai saat ini komunikasinya masih dinamis,” imbuhnya.

Sejauh ini, menurut Syafik ada beberapa nama di luar PKB Bantul yang telah berkomunikasi akan mendaftar lewat PKB Bantul. Beberapa nama tersebut juga telah berkomunikasi dengan Abdul Halim Muslih. Namun, dia belum dapat menyampaikan nama-nama tersebut lantaran DPC PKB Bantul masih akan mendengar masukan-masukan dari pengurus di tingkat kecamatan dan kalurahan terkait penjaringan internal.

“Kami akan rapat internal dulu, tapi sejauh ini dari internal PKB yang saat ini kuat untuk maju di pilkada ke depan memang masih Halim. Tapi internal akan memutuskan siapa yang akan maju,” ujarnya. 

BACA JUGA: Pilkada 2024, PDIP DIY Tegaskan Terbuka Bekerja Sama dengan Partai Lain

Sekretaris Tim Penjaringan Cabup-Cawabup, DPC PDIP Bantul, Rajut Sukasworo mengakui ada dua kader DPC PKB Bantul yang mengambil formulir balon Bupati Bantul untuk Abdul Halim Muslih. Menurutnya, pendaftaran pihak eksternal PDIP untuk balon Bupati dan Wabup Bantul diperbolehkan. 

"Sah-sah saja [pihak eksternal partai mendaftar balon bupati]. Kita juga membuka untuk yang lain," ujarnya.

Dia menuturkan Abdul Halim Muslih juga melakukan langkah yang sama pada Pilkada 2020. Saat itu, dia mendaftar pula melalui DPC PDIP Bantul sebagai balon bupati Bantul. 

Dia menuturkan meski dari internal DPC PDIP Bantul telah mengusung Joko Purnomo sebagai balon bupati Bantul pada Pilkada 2024, namun penentuan calon Bupati dan Wabup Bantul pada Pilkada 2024 berada di DPP PDIP. 

"Kita akan kirim semua nama ke DPP [PDIP], karena DPC PDIP Bantul tidak boleh mengerucutkan," imbuhnya.

Di menuturkan nantinya nama-nama yang mengajukan diri sebagai Bupati atau Wabup akan direkomendasikan ke DPD PDIP DIY, kemudian ke DPP PDIP. 

"PDIP biasanya rekomendasi [dari DPP] paket. Tapi paketannya [Bupati dan Wabup Bantul] siapa dengan siapa itu belum tahu, tergantung DPP," imbuhnya.

"Ini sifatnya baru pendaftaran, nanti kita serahkan ke DPP, nanti siapapun yang mendaftar kita serahkan. Nanti penggodokan di DPP Partai semua akan diundang ke DPP Partai," katanya.

Dia menuturkan pemilihan balon Bupati dan Wabup Bantul akan ditentukan DPP PDIP berdasarkan survei elektabilitas, dan fit and proper test. Dia memperkirakan DPP PDIP akan mengeluarkan  rekomendasi calon Bupati dan Wabup sekitar awal Agustus 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement