Advertisement

APBD Tersedot untuk Pilkada, Perbaikan Jalan di Gunungkidul Andalkan Bantuan Pusat

David Kurniawan
Minggu, 28 April 2024 - 13:57 WIB
Ujang Hasanudin
APBD Tersedot untuk Pilkada, Perbaikan Jalan di Gunungkidul Andalkan Bantuan Pusat Kondisi ruas jalan Gading-Playen yang diusulkan perbaikan menggunakan program inpres jalan daerah. Minggu (28/4/2024). - Harian Jogja / David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul kembali mengajukan bantuan perbaikan jalan melalui program Inpres Jalan Daerah ke Pemerintah Pusat. Total ada enam ruas yang diajukan dengan nilai Rp139.460.000.000.

Kepala Bidang Bina Marga, DPUPKP Gunungkidul, Wadiyana mengatakan, anggaran Pemkab Gunungkidul untuk perbaikan jalan masih sangat terbatas. Sebagai gambaran di tahun ini tidak ada alokasi dari APBD Kabupaten yang dipergunakan memerbaiki jalan yang rusak di wilayah Bumi Handayani.

Advertisement

“Duitnya tersedot untuk Pilkada. Tidak ada perbaikan dengan skala besar karena yang ada hanya pemeliharaan secara rutin,” kata Wadiyana, Minggu (28/4/2024).

Meski demikian, ia mengakui upaya perbaikan tetap dilakukan, salah satunya dengan mengakses bantuan dari Pemerintah Pusat. Setelah mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp14 miliar untuk perbaikan dua ruas jalan kabupaten, juga ada upaya mengakses program jalan inpres daerah.

“Tahun lalu kami dapat programnya dan peresmian jalan ini langsung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Di 2024, kami mencoba mengusulkan agar jalan yang rusak diperbaiki melalui jalan inpres daerah,” katanya.

Dia menjelaskan, ada enam ruas jalan dengan nilai anggaran perbaikan mencapai Rp139.460.000.000. Pagu ini diharapkan dapat memerbaiki jalan yang rusak sepanjang 26,5 kilometer.

BACA JUGA: Wuih! Anggaran Pilkada Gunungkidul Membengkak, Totalnya Disepakati Tembus Rp51,5 Miliar

Usulan ruas yang diperbaiki tidak hanya berkaitan dengan jalan rusak, tapia da juga pembuatan jalan baru serta program pelebaran jalan. Sebagai contoh, kelanjutan pembangunan jalan Kepek-Ngobaran di Kapanewon Saptosari juga diusulkan melalui program jalan inpres daerah.

“Untuk ruas lain yang diusulkan ada perbaikan jalan wisata di Gua Pindul, trus ada perlebaran ruas jalan Kelor-Srimpi di Karangmojo,” katanya.

Meski demikian, Wadiyana mengakui belum mendapatkan informasi terkait dengan usulan bantuan disetujui atau tidak. “Sudah kami usulkan dan sekarang masih menunggu kabar apakah bisa disetujui semua atau beberapa ruas jalan yang akan diperbaiki. Harapannya bisa semua agar jalan di Gunungkidul jadi semakin bagus dan representative,” katanya.

Terpisah, Anggota Komisi C DPRD Gunungkidul dari Fraksi Gerindra, Maryanta mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi berkaitan dengan adanya usulan perbaikan jalan rusak menggunakan program jalan inpres daerah ke Pemerintah Pusat. Menurut dia, usulan ini sebagai upaya agar perbaikan jalan tetap bisa dilakukan, meski kemampuan keuangan yang dimiliki pemkab masih sangat terbatas.

“Masih banyak jalan yang rusak. Contohnya akses ke Pantai banyak yang rusak sehingga butuh program perbaikan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

143 Negara Mendukung Palestina jadi Anggota Penuh PBB, 9 Menolak dan 25 Abstain

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement