Advertisement

Pilkada Kulonprogo, DPC PDIP Terima Pendaftaran Kader Partai Lain

Triyo Handoko
Minggu, 28 April 2024 - 20:37 WIB
Maya Herawati
Pilkada Kulonprogo, DPC PDIP Terima Pendaftaran Kader Partai Lain Kepala Daerah - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sejumlah tokoh mendaftar sebagai kandidat Pilkada Kulonprogo lewat DPC PDIP sepekan terakhir. Tak terbatas kader internal, DPC PDIP Kulonprogo juga sudah menerima pendaftaran kader partai lain seperti kader PKB, Yusron Martofa.

Yusron yang juga ketua organisasi masyarakat (ormas) Patriot Garuda Nusantara (PGN) Kulonprogo ini mendaftar ke DPC PDIP Kulonprogo sebagai kandidat Pilkada 2024 pada Kamis (25/4/2024). Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Kulonprogo Aris Syarifudin menyebut pendaftaran tersebut juga ajakan koalisi dengan PKB untuk memenangkan kontestasi nanti.

Advertisement

Aris menyebut partainya terbuka dengan berbagai pihak yang hendak bekerja sama dalam Pilkada Kulonprogo nanti. "Kami terbuka dan ini masih masa pendaftaran, nantinya yang memutuskan DPP PDIP," katanya.

Tokoh eksternal lain yang sudah berkomunikasi dengan DPC PDIP Kulonprogo, jelas Aris, antara lain Direktur PDAM Tirta Binangun Kulonprogo, Jumantoro; pengusahan Gunawan Budiharjo; Ketua PCNU Kulonprogo, Lukman Arifin Fathul Huda; hingga mantan Bupati Kulonprogo, Sutedjo. "Dengan Direktur PDAM, Pak Jumantoro masih dipertimbangkan beliau, dengan Pak Tedjo sedang penjadwalan pertemuan, lainnya komunikasi terus," ungkapnya.

Selain tokoh eksternal, Aris menyebut kader PDIP  yang sudah mendaftar adalah Ketua DPC PDIP Kulonprogo, Fajar Gegana dan anggota DPRD DIY Fraksi PDIP Novida Kartika Hadhi. "Mas Novida sudah mendaftar, Pak Fajar juga sudah bahkan mendaftarnya ke DPD PDIP DIY," jelasnya.

BACA JUGA: Percaya Diri, Shin Tae-young Bisa Antar Indonesia ke Olimpiade

Dalam sepekan ke depan, lanjut Aris, pihaknya akan menguatkan internal partai banteng ini dengan mengadakan konsolidasi dengan pengurus anak cabang (PAC) yang berada di seluruh kapanewon. "Kami juga mendorong kader internal lain untuk mendaftar seperti Ketua DPRD Kulonprogo, Ibu Akhid Nuryati, beliau mendaftar juga," terangnya.

Menurut Aris, situasi masih sangat dinamis karena ada saling mengintip kondisi antarbakal calon. "Kondisi dinamis ini akan kami maksimalkan dengan konsolidasi agar makin solid," katanya.

Konsolidasi internal partai banteng ini arahan dari DPP PDIP, sambung Aris, lantaran itu kekuatan utama dimana pada Pemilu DPRD Kulonprogo 2024 kemarin meraih 92,3 ribu suara dan 96 ribu suara untuk DPRD DIY. "Ini modal besar kami, sudah 40% perse suara seluruh Kulonprogo sendiri dipegang PDIP, ini akan kami jaga bersama untuk memenangkan Pilkada nanti," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecelakaan di Jalur Wisata Bromo Tewaskan 4 Orang, Diduga Rem Blong

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 01:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement