Advertisement

Pemilik UMKM di Gunungkidul Diminta Melek Teknologi Informasi

Newswire
Selasa, 30 April 2024 - 09:07 WIB
Maya Herawati
Pemilik UMKM di Gunungkidul Diminta Melek Teknologi Informasi UMKM - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemilik usaha mikro kecil dan menengah di Gunungkidul diminta lebih melek teknologi informasi, dan memanfaatkannya untuk pemasaran produk.

"Manfaatkan teknologi sesuai perkembangan zaman," kata Bupati Gunungkidul Sunaryanta dalam kegiatan Pertunjukan Rakyat (Pertunra) di Gunungkidul, Senin (29/4/2024).

Ia mengatakan hal tersebut merupakan implementasi dari program smart city yang sedang dikembangkan Pemkab Gunungkidul. Program ini diharapkan dapat diterapkan di desa menjadi smart village.

Advertisement

"Mesti berada di kampung seperti ini, kita semua wajib mengikuti perkembangan teknologi. Kembangkan UMKM secara daring (online) memiliki beberapa keuntungan, salah satunya dapat menjangkau konsumen tanpa harus bertatap muka," katanya.

Bupati mengatakan transaksi daring tersebut dapat dengan mudah dilakukan dengan catatan memiliki jaringan internet yang tersedia, sehingga diharapkan masyarakat lebih jeli melihat peluang ini.

BACA JUGA: BMKG Prediksi Cuaca Jogja Hari Ini Cerah dengan Suhu Mencapai 33 Derajat Celcius

"Masalah jaringan Internet sesuai dengan permintaan masyarakat biarkan nanti dipasang oleh Kementerian Kominfo," katanya.

Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul Setiyo Hartato mengatakan pertunjukan rakyat atau Pertunra merupakan program penyampaian informasi dan kebijakan yang dibalut dengan pertunjukan rakyat berupa pementasan kesenian.

"Kami berharap baik informasi dan kebijakan pemerintah daerah dapat lebih efektif tersosialisasi melalui media tradisional Pertunra. Kami ambil tema kalurahan cerdas," katanya.

Sedangkan Bupati Gunungkidul Sunaryanta memberikan kesempatan kepada masyarakat yang memiliki pertanyaan atau memberikan saran dan kritik. Beberapa warga memberikan masukan tentang pelayanan air bersih, layanan internet, dan pengembangan destinasi wisata pantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1,4 Miliar Penduduk India Terancam Cuaca Panas Ekstrem

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement