Advertisement

Peringatan May Day 2024, Buruh di DIY Didorong Terus Meningkatkan Kompetensinya

Abdul Hamied Razak
Kamis, 02 Mei 2024 - 00:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Peringatan May Day 2024, Buruh di DIY Didorong Terus Meningkatkan Kompetensinya Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2024 di Lapangan Futsal Disnakertrans DIY Maguwoharjo, Rabu (1/5 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Buruh atau pekerja didorong untuk terus meningkatkan keterampilan dan kompetensinya. Peningkatan keterampilan dan kompetensi ini menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kesejahteraan para buruh.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY, Aria Nugrahadi menyampaikan pemerintah terus mendorong agar buruh atau pekerja terus meningkatkan skil sesuai dengan kompetensinya. Hal itu juga sesuai dengan tema peringatan May Day pada tahun ini yang bertujuan untuk mewujudkan Pekerja yang Kompeten.

Advertisement

“May Day is Terampil Day. Fokus pemerintah adalah pada keterampilan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan produktivitas. Jika produktifitas meningkat maka kesejahteraan juga akan meningkat," katanya saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2024 di Lapangan Futsal Disnakertrans DIY Maguwoharjo, Rabu (1/5/2024).

BACA JUGA: Sah! Siomay Dinobatkan Jadi Street Food Tervaforit di Dunia

Menurut Aria, pemerintah berharap agar para pekerja atau buruh terus meng-upgrade kompetensi mereka. Dengan demikian, produktivitas kerja akan meningkat, dan harapannya jangka panjang hubungan industrial juga semakin baik. “Selamat memperingati Hari Buruh Internasional. Terimakasih untuk seluruh pekerja,” ungkap Aria.

Peringatan May Day 2024 di Disnakertrans DIY diikuti oleh puluhan perwakilan buruh dari berbagai daerah, perwakilan dari Kadin DIY, Polda DIY dan BPJS Ketenagakerjaan DIY. Panitia juga membagikan doorprize dan ratusan paket sembako kepada buruh bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jogja, Rudi Susanto mengatakan di sela kegiatan pihaknya juga menyerahkan klaim Jaminan Kematian bagi ahli waris pekerja yang meninggal dunia, dan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja untuk pekerja yang mengalami kecelakaan kerja. "Kami juga menyalurkan bantuan berupa 184 paket sembako untuk para buruh yang dikoordinir oleh Disnakertrans DIY," katanya.

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk perlindungan pekerja, lanjut Rudi, BPJS Ketenagakerjaan memiliki sejumlah program. Selain program dasar yakni Jaminan Kematian (JK) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek, juga memiliki program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Untuk Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) selama 2023, BPJS Ketenagakerjaan DIY telah menyalurkan klaim sebesar Rp1,22 miliar untuk 1.138 kasus. Adapun tahun 2024, hingga bulan April BPJamsostek telah membayarkan klaim JKP sebesar Rp609,8 juta untuk 762 kasus

Keterlibatan BPJS Ketenagakerjaan dalam aksi tersebut sebagai bentuk kehadiran pemerintah untuk memberikan perlindungan bagi pekerja dan menjadi mitra bagi pengusaha. Dia berharap santunan jaminan kematian dan kecelakaan kerja bisa dimanfaatkan dengan baik oleh ahli waris para pekerja yang meninggal dunia.

"Sesuai dengan harapan pemerintah pada peringatan May Day tahun ini, kami juga mendorong agar para buruh dan pekerja untuk terus meningkatkan kompetensinya dan terus berkompetisi. Saat itu berjalan tidak akan ada kendala soal kesejahteraan," katanya.

Sementara, Ketua Panitia May Day 2024 sekaligus Ketua KSBSI Yogyakarta, Dani Eko Wiyono menjelaskan, kegiatan peringatan Hari Buruh Internasional diikuti oleh perwakilan dari seluruh elemen buruh di DIY. Selain di Disnakertrans DIY, kegiatan serupa dilakukan di berbagai lokasi di kabupaten dan kota.

“Sebagai rangkaian peringatan May Day 2024, sebelumnya kami juga menggelarberbagai kegiatan termasuk lomba olahraga,” kata Dani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement