Advertisement

Rayakan Kemenangan Prabowo-Gibran, Ormas Rejo Semut Ireng Gelar Grebeg Tumpeng

Yosef Leon
Minggu, 05 Mei 2024 - 17:07 WIB
Ujang Hasanudin
Rayakan Kemenangan Prabowo-Gibran, Ormas Rejo Semut Ireng Gelar Grebeg Tumpeng Gelaran Grebeg Tumpeng sebagai bentuk rasa syukur atas kemenangan Prabowo-Gibran yang diadakan oleh Ormas Rejo Semut Ireng, Minggu (5/5/2024) - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Kemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada perhelatan Pilpres 2024 ditanggapi beragam oleh relawannya. Di Kulonprogo Organisasi Kemasyarakatan Rejo Semut Ireng, menggelar Grebeg Tumpeng sebagai bentuk rasa syukur kemenangan Prabowo-Gibran. 

Koordinator Rejo Semut Ireng DIY Endhi Susanto menjelaskan, Grebeg Tumpeng yang disertai pertunjukan Jathilan itu sekaligus sebagai upaya untuk melestarikan tradisi dan kebudayaan Jawa. Pihaknya ingin tetap mengenalkan kebudayaan masyarakat setenpatbswkalugus merayakan memangnya Prabowo-Gibran. 

Advertisement

“Kami sangat bahagia dan berterima kasih kepada seluruh warga masyarakat dan relawan Rejo Semut Ireng yang telah memperjuangan kemenangan Pak Prabowo dan mas Gibran,” kata Endhi, Minggu (5/5/2024).

BACA JUGA: Prabowo-Gibran Gerak Cepat Rayu Oposisi Jadi Koalisi

Menurutnya, gunungan tumpeng yang terdiri dari hasil bumi dan sayur-sayuran itu merupakan bentuk harapan kepada pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Indonesia periode 2025-2029 Prabowo - Gibran untuk menyejahterakan seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Gunungan, kata Endhi merupakan lambang harmonisasi dalam kehidupan manusia dan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME. Gunungan berisi aneka jajanan pasar dan makanan tradisional dikirab melalui rumah-rumah warga dan mengelilingi Desa Kemaras. 

Antusiasme warga yang hadir sangat tinggi, mulai dari mengikuti kirab hingga ke puncak acara berebut gunungan. Warga meyakini, gunungan tersebut dapat mendatangkan berkah. “Grebeg tumpeng hanya diadakan untuk perayaan tertentu, kebetulan pas hari Minggu, jadi kami senang sekali bisa mengajak anak-anak ke sini, apalagi ada Jathilan dan Gedruk.” ujar Ridho Supriadi, warga setempat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyelundupan 142 Gram Sabu Asal Malaysia Berhasil Digagalkan

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement