Advertisement

Pilkada 2024, Ratusan Pendaftar PPK di Gunungkidul Lolos Seleksi

Newswire
Rabu, 08 Mei 2024 - 13:07 WIB
Maya Herawati
Pilkada 2024, Ratusan Pendaftar PPK di Gunungkidul Lolos Seleksi Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Ratusan pendaftar panitia pemilih kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Gunungkidul, lolos seleksi administrasi dan seleksi tertulis atau Computer Assisted Test (CAT).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul Asih Nuryanti di Gunungkidul, menyebutkan total yang mendaftar PPK Pemilihan Kepala Daerah 2024 sebanyak 223 pendaftar, Rabu (8/5/2024). Namun, sebanyak 16 orang tidak memenuhi syarat administrasi untuk menjalani tahap seleksi selanjutnya.

Advertisement

"Peserta yang gugur seleksi administrasi tidak memenuhi kriteria, baik dari domisili maupun kelengkapan berkas kesehatan. Sebanyak 207 pelamar yang lolos telah mengikuti seleksi tertulis," katanya.

Seleksi tertulis dilaksanakan di SMK Negeri 2 Wonosari pada hari Selasa (7/5). Pelaksanaan tes tertulis didukung dengan fasilitas yang memadai seperti komputer, internet yang lancar, dan akses yang mudah untuk peserta tes.

"Pelaksanaannya berjalan lancar, tidak ada problem teknis yang menjadi hambatan dalam tes kali ini," katanya.

BACA JUGA: Semeru Kembali Erupsi Setinggi 600 Meter dari Puncak Gunung

Asih mengatakan bahwa pelaksanaan tes tertulis hanya sehari dengan sistem kelulusan berdasarkan nilai dan peringkat peserta tes. "Seusai pelaksanaan tes tertulis, peserta yang dinyatakan lulus akan jalani tes wawancara nanti," katanya.

Ia mengatakan bahwa KPU membutuhkan lima orang PPK di tiap kecamatan dalam tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul 2024. Honor yang diberikan juga tidak berbeda dengan Pemilu 2024.

"Honornya masih sama sebesar Rp2,5 juta untuk ketua dan Rp2,2 juta untuk anggota," katanya. Peserta tes PPK Kapanewon Karangmojo Sugeng Riyanto mengatakan bahwa tes tertulis berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

"Sistemnya menggunakan komputer, selesai tes nanti nilai langsung dapat terlihat," kata Sugeng. Waktu pelaksanaan tes, kata Sugeng, dengan durasi 90 menit dan jumlah soal 75 nomor tentang wawasan kebangsaan dan kepemiluan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement