Advertisement

PENDIDIKAN LITERASI: Tingkatkan Literasi, DPAD DIY Ajak Pemuda Menjadi Pengusaha

Media Digital
Kamis, 23 Mei 2024 - 22:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
PENDIDIKAN LITERASI: Tingkatkan Literasi, DPAD DIY Ajak Pemuda Menjadi Pengusaha Suasana bedah buku berjudul Menyiapkan dan Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur pada Anak yang diselenggarakan DPAD DIY di Kalurahan Ngentakrejo, Kapanewon Lendah, Rabu (22/5/2024).Triyo Handoko - Harian Jogja

Advertisement

KULONPROGO—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY bersama DPRD DIY kembali menggelar bedah buku di Bumi Binangun. Kali ini, buka yang didiskusikan berjudul Menyiapkan dan Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur pada Anak dan dibedah bersama masyarakat di Kalurahan Ngentakrejo, Kapanewon Lendah.

Gelaran bedah buku ini untuk meningkatkan literasi masyarakat ini juga bertujuan untuk memotivasi generasi muda untuk menjadi pengusaha.

Advertisement

Ketua Tim Bedah Buku DPAD DIY, Sri Wahyudi, menjelaskan gelaran ini merupakan bentuk komitmen jajarannya untuk mempertahankan peringkat atas tingkat literasi DIY di kancah nasional. Tak hanya mempertahankan tingkat literasi, gelaran itu juga untuk meningkatkan literasi, terutama bagi kelompok masyarakat yang kekurangan akses terhadap literatur.

Wahyudi menjelaskan, upaya meningkatkan literasi itu dikerjakannya dengan datang langsung ke masyarakat yang tergolong berada di pinggiran DIY, seperti di Kapanewon Lendah, Kulonprogo. Upaya untuk hadir di tengah masyarakat guna meningkatkan literasi dengan kegiatan bedah buku ini, menurut Wahyudi, dilaksanakan di ratusan titik di DIY. "Tema buku yang dibedah juga beragam, semuanya untuk memantik minat baca masyarakat agar terus meningkat," katanya.

Bedah buku Menyiapkan dan Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur pada Anak, bertujuan agar ada regenerasi pengusaha dari kalangan muda. Bedah buku juga dihadiri penulis dan praktisi di bidang serupa agar diskusi yang berlangsung berjalan menarik.

Menurut Wahyudi, berbagai fasilitas literasi juga terus ditingkatkan Pemda DIY. "Terutama di Perpustakaan Grhatama Pustaka ada ratusan ribu koleksi buku, banyak sarana pendukung literasi, ada diorama, mini bioskop dan lainnya. Semuanya harus dimanfaatkan masyarakat," katanya.

Anggota Komisi B DPRD DIY, Muh. Ajrudin Akbar, yang menjadi salah satu narasumber mengapresiasi upaya peningkatan literasi oleh DPAD DIY. Menurutnya, melalui literasi berbagai tantangan dan peluang dapat dikelola dengan baik, terutama sektor ekonomi dalam meregenerasi pengusaha.

Anggota Dewan yang membidangi masalah perekonomian ini menerangkan regenerasi pengusaha mesti terus ditingkatkan. "Peningkatkan ini mesti diimbangi dengan memberikan pemahaman yang baik terhadap dunia entrepreneur agar generasi muda dapat terus berkembang mengikuti perubahan yang ada," katanya.

Kolaborasi positif DPRD dan DPAD DIY dalam peningkatan literasi dan upaya melahirkan pengusaha muda ini perlu terus dilanjutkan. "Ini kegiatan baik dan berdampak positif pada multi sektor, mesti terus ditingkatkan dan didukung bersama," katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Cek Jadwal Layanan SIM di Kota Jogja

Cek Jadwal Layanan SIM di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Klaim Kasus Kesehatan saat Puncak Haji 2024 di Arafah Terkendali

News
| Selasa, 18 Juni 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement