Advertisement

BUDAYA BACA & LITERASI: Warga Diajak Memahami Peluang Usaha Sampingan

Media Digital
Rabu, 05 Juni 2024 - 22:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
BUDAYA BACA & LITERASI: Warga Diajak Memahami Peluang Usaha Sampingan Ketua Tim Bedah Buku DPAD DIY, Sri Wahyudi (memegang mikrofon), saat menyampaikan paparan pada kegiatan bedah buku di Gor RK Mendungan, Giwangan, Umbulharjo, Kota Jogja, Rabu (5/6/2024). Alfi Annissa Karin - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY menggelar bedah buku di Gor RK Mendungan, Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Kota Jogja, Rabu (5/6/2024). Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama DPAD DIY dengan DPRD DIY.

Tujuannya, untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kota Jogja. Buku yang dibedah dan menjadi pembahasan kali ini berjudul Aneka Inspirasi Memulai Bisnis Sampingan bagi Karyawan. Melalui buku ini, masyarakat diajak memahami berbagai peluang usaha sampingan yang bisa dimanfaatkan. Lewat buku ini juga, masyarakat diberi pengetahuan terkait dengan manajemen keuangan bisnis yang baik.

Advertisement

Anggota Komisi C DPRD DIY, Purwanto, menyebut kegiatan ini penting untuk dilaksanakan. Terlebih, tema yang diangkat cocok dengan peserta bedah buku. Sebab, kebanyakan merupakan ibu rumah tangga yang diharapkan bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Purwanto mengatakan dengan membaca buku ini setidaknya warga bisa mendapatkan ilmu terkait dengan bisnis. "Pertama, untuk memberi kesadaran masyarakat dalam rangka gemar membaca buku. Setelah membaca buku, apa yang ada di dalam buku itu harapannya bisa dilaksanakan," ujar Purwanto saat ditemui di Balai RK Mendungan, Rabu.

Dia berharap, ilmu yang ada di dalam buku itu tak sekadar dibaca, namun dipraktikkan dan ditindaklanjuti. Setelah ini, dia mendorong warga Mendungan untuk membentuk kelompok. Dia juga berkomitmen akan memberikan fasilitas permodalan dan pelatihan. Lebih jauh, dia juga akan memberi fasilitas sertifikat halal bagi warga yang berminat untuk membuka usaha di bidang kuliner.

"Setelah ilmunya berkembang ke depan, tentunya ada tindakan lebih lanjut. Harapan kami warga bisa membentuk kelompok, sehingga nanti organisasi perangkat daerah [OPD] terkait bisa membantu," katanya.

Ketua Tim Bedah Buku DPAD DIY, Sri Wahyudi, menyebut kegiatan bedah buku ini dilaksanakan di seluruh kabupaten dan kota di DIY. Ini menjadi salah satu upaya untuk mempertahankan DIY sebagai provinsi dengan predikat gemar membaca tertinggi se-Indonesia yang sudah didapatkan dua tahun berturut-turut. "Jadi tidak hanya ethok-ethok [pura-pura] membaca, tetapi benar-benar minat bacanya tinggi, maka kami selenggarakan bedah buku," tutur Wahyudi.

Dia berharap tema yang diangkat bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat terkait dengan peluang usaha sampingan. Di sisi lain, masyarakat juga diharapkan bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. "Bedah buku kali ini berbicara tentang bisnis, harapannya semangat warga lebih baik, kemudian bisa termanajemen dengan baik supaya usaha bisa mengikuti selera pasar," katanya.

Wahyudi juga mengajak masyarakat untuk mengunjungi Grhatama Pustaka yang memiliki beragam fasilitas dan bisa dinikmati secara gratis. "Silakan datang. Lokasinya di dekat JEC," katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Disebut Layani Top Up Pulsa untuk Judi Online, Begini Klarifikasi Aprindo

News
| Jum'at, 28 Juni 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement