Advertisement

Tiga Lokasi di Bantul Gelar Salat Iduladha Hari Ini, Kemenag: Mohon Saling Menghormati

Jumali
Minggu, 16 Juni 2024 - 11:17 WIB
Sunartono
Tiga Lokasi di Bantul Gelar Salat Iduladha Hari Ini, Kemenag: Mohon Saling Menghormati Ratusan jemaah mengikuti salat Iduladha di Lapangan Kasihan, Bantul, Minggu (16/6/2024) pagi - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bantul megimbau kepada masyarakat untuk saling menghormati, terkait dengan adanya sejumlah masyarakat di tiga titik di Bumi Projotamansari yang sudah menggelar Salat Iduladha 1445 Hijriah, pada Minggu (16/6/2024). Sebab, pelaksanaan salat Iduladha tersebut berkaitan dengan keyakinan masing-masing.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Bantul Sugito mengatakan, ada tiga titik yang dijadikan lokasi Salat Iduladha 1445 Hijriah, pada Minggu (16/6/2024). Ketiga titik tersebut adalah di Lapangan Kasihan, Bantul, Masjid Ainun Jaariyah, Ngestiharjo, Kasihan dan i Parkir Harmoni, Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul.

Advertisement

BACA JUGA : Ratusan Jemaah Ikuti Salat Iduladha di Lapangan Kasihan Bantul Minggu Pagi

"Semuanya dari teman-teman MTA [Majelis Tafsir Alquran]. Kami tidak bisa memaksa mereka, karena ini masalah keyakinan. Walaupun pemerintah telah menetapkan dan ormas besar juga akan melaksanakan Salat Iduladha besok," katanya, Minggu (16/6/2024).

Oleh karena itu, Sugito berharap kepada semua pihak untuk saling menghormati, meskipun ada perbedaan dalam hal keyakinan untuk pelaksanaan Salat Iduladha 1445 Hijriah. "Kami mohon masyarakat bisa menjaga diri, tidak boleh saling menyalahkan dan menganggap dirinya paling benar. Karena itu semua [pelaksanaan Salat Iduladha] kan berdasarkan keyakinan," ucap Sugito.

Sebagaimana diketahui, ada ratusan jemaah mengikuti Salat Iduladha 1445 Hijriah yang digelar oleh Majelis Kumandang Dakwah Tamantiro, di Lapangan Kasihan, Bantul, Minggu (16/6/2024) pagi.

Jemaah tersebut menjalani Salat Iduladha lebih awal daripada ketetapan pemerintah karena mengacu kepada hadis dari Nabi Muhammad SAW. Adapun berperan sebagai imam Salat Iduladha adalah Ustaz Abdul Haris dan Khatib adalah Ustaz Saiful Mu'min.

"Jadi kami sengaja menggelar Salat Iduladha ini didasarkan kepada hadis sebagaimana Rasulallah memerintahkan kepada amir Mekah pada waktu itu untuk melakukan rukyatul hilal menentukan tanggal 1 Zulhijjah kemudan menentukan kapan wukuf di Arofah untuk pelaksanaan haji," kata Koordinator penyelenggara Salat Iduladha 1445 Hijriah dari Majelis Kumandang Dakwah Tamantirto, Anaris Dwiyanto ditemui, Minggu (16/6/2024) pagi.

Oleh karena itu, dia menyatakan jika Salat Iduladha yang digelar mengikuti apa yang dilakukan oleh Amir Mekah. "Sehingga kita pun mengikuti apa yang dilakukan oleh penguasa Arab, sehingga kita mengikuti itu," tandasnya.

BACA JUGA : Puluhan Ribu Jemaah MTA Solo Gelar Salat Iduladha Lebih Awal dari Ketentuan Pemerintah

Ia menegaskan Majelis Kumandang Dakwah Tamantirto tidak terafiliasi dengan salah satu organisasi keagamaan. Oleh sebab itu, peserta Salat Iduladha kali ini berasal dari berbagai jamaah kaum muslimin yang ada disekitar Kasihan.

"Kami merasa banyak masyarakat yang ingin menyelenggarakan Salat Iduladha pada hari ini. Sehingga kami menggelar Salat Iduladha disini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LBH Padang Akhirnya Beberkan Kronologi Penganiayaan Anak oleh Polisi

News
| Minggu, 23 Juni 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement