Advertisement

Warga Nonmuslim di Sumbermulyo Bantul Disasar Pembagian Daging Kurban

Jumali
Senin, 17 Juni 2024 - 13:27 WIB
Sunartono
Warga Nonmuslim di Sumbermulyo Bantul Disasar Pembagian Daging Kurban Ilustrasi daging / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Puluhan warga nonmuslim di Padukuhan Jogodayuh, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul mendapatkan daging kurban yang disembelih di Masjid Al Amna di padukuhan tersebut, Senin (17/6/2024).

Pembagian daging kurban kepada nonmuslim adalah tradisi yang selama ini dipegang teguh oleh masyarakat Padukuhan Jogodayuh.

Advertisement

BACA JUGA : Kemenag Imbau Daging Kurban Dikemas Ramah Lingkungan 

"Jadi memang sudah jadi tradisi di tempat kami. Ada lebih dari 200 KK [kepala keluarga] di tempat kami, puluhan di antaranya nonmuslim. Tapi, mereka [nonmuslim] tetap mendapatkan daging kurban. Kami harap Iduladha ini akan menguatkan persaudaraan kami," kata Ketua Panitia Kurban Masjid Al Amna, Heru Iryandi, Senin (17/6/2024).

Menurut dia, pada Iduladha tahun ini, ada empat ekor sapi dan 19 kambing yang disembelih. Penyembelihan hewan kurban tersebut melibatkan sebanyak 100 warga jemaah Masjid Al Amna. Di mana, saat penyembelihan ada beberapa tim yang memiliki tugas sendiri mulai dari menyembelih sampai membagikan daging kepada warga.

"Jadi, sudah kami bagi tugasnya. Harapannya, dengan pembagian tugas, maka akan ada rasa tanggung jawab bersama dan juga mempercepat penyaluran daging kurban," terang Heru.

Sejauh ini, dari pengamantan, Heru, tidak ditemukan penyakit maupun keberadaan cacing hati saat penyembelihan 19 kambing. Terkait dengan teknis penyembelihan, Heru menyatakan sejauh ini sesuai dengan petunjuk teknis yang disampaikan oleh Kemenag Bantul dan juga dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

"Karena sebelumnya kami juga sudah mendapatkan bimbingan teknis," ucap Heru.

Terpisah Plt Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Bantul, Edy Suryanto mengungkapkan, pihaknya telah menerjunkan 150 petugas di 2.000 titik pemotongan, yang ada di 75 kalurahan di Kabupaten Bantul, mulai Senin (17/6/2024) pagi. Petugas yang diturunkan itu terdiri dari mahasiswa, dokter hewan dan juga petugas dari puskeswan.

"Besok, mereka juga masih akan bekerja untuk memeriksa hewan kurban di titik penyembelihan," ucap Edy.

Cacing Hati

Hingga Senin (17/6/2024) siang pukul 12.30 WIB, Edy mencatat dari pemantauannya, baru ada satu kasus hewan kurban terkena cacing hati. Hewan kurban yang terkena cacing hati itu ada di Padukuhan Bungas, Sumberagung, Jetis.

"Kami langsung minta petugas penyembelihan hewan untuk mengubur bagian hewan yang kena cacing hati. Untuk bagian lainnya yang tidak terkena cacing hati masih aman asalkan dimasak dengan air panas hingga matang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Anggota DPR dan DPRD Main Judi Online, PPATK Diminta Ungkapkan Datanya

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement