Advertisement

KPU Kota Jogja Luncurkan Jingle dan Maskot Pilkada 2024

Media Digital
Selasa, 18 Juni 2024 - 20:17 WIB
Maya Herawati
KPU Kota Jogja Luncurkan Jingle dan Maskot Pilkada 2024 Persiapan peluncuran jingle dan maskot Pilkada Kota Jogja yang digelar di Lapangan Panahan Kenari, Umbulharjo, Selasa (18/6/2024). / Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja meluncurkan jingle dan maskot Pilkada Kota Jogja 2024 di Lapangan Panahan Kenari, Selasa (18/6/2024). Peluncuran ini dikemas dengan berbagai hiburan. Beberapa penyanyi kondang turut memeriahkan panggung KPU Kota Jogja, mulai dari Hasoe Angels dan Ndarboy. Selain itu, di sisi panggung juga ada berbagai stan UMKM Kelurahan Muja-Muju.

Ketua KPU Kota Jogja, Noor Harsya Aryo Samudro, menuturkan jingle Pilkada Kota Jogja 2024 berjudul Jogja Tumandang. Jingle menggunakan irama pelog khas diatonis yang menjadi ciri khas musik di gagrak Ngayogyakarta Hadiningrat. Syairnya merupakan campuran antara bahasa Jawa dan Indonesia.

Advertisement

Sementara, maskot yang diusung juga memiliki judul yang sama. Maskot terinspirasi dari buah kepel yang merupakan tumbuhan yang ada di Kota Jogja. Harsya mengatakan, buah kepel punya filosofi ngepel atau saling mengepalkan tangan. Diharapkan, wali kota dan wakilnya yang terpilih nanti bisa saling berpegangan tangan membangun Kota Jogja. Kemudian, buah kepel juga khas akan aromanya. "Kami artikan dia menjadi pengharum di Kota Jogja dalam pemilihan kepala daerah," ujar Harsya saat ditemui di Lapangan Panahan Kenari, Selasa.

BACA JUGA: Pilkada Solo 2024, Ini Profil Putri Akbar Tandjung yang Bakal Jadi Jagoan Golkar

Harsya mengatakan, jingle dan maskot ini menjadi salah satu sarana sosialisasi sekaligus pengingat bagi masyarakat. Warga Kota Jogja yang berusia 17 tahun diminta untuk menggunakan hak pilihnya untuk memilih wali kota dan wakil wali kota Jogja.

"Memilih wali kota dan wakil secara langsung dan mengawal kepemimpinan Kota Jogja selama lima tahun ke depan," katanya.

Dijelaskan Harsya, jingle dan maskot pilkada ini dipilih setelah melewati serangkaian proses sayembara. Total ada 19 peserta sayembara maskot dan 12 peserta sayembara jingle. Seluruhnya diambil juara satu dan dua. Jingle dan maskot yang digunakan merupakan juara pertama dalam sayembara. Selain dihiasi oleh berbagai penampilan hiburan, pada gelaran peluncuran jingle dan maskot ini juga akan dilaksanakan mini talkshow oleh pimpinan KPU Kota Jogja. "Ada juga hiburan Hasoe Angel, flashmob, dan peluncuran resmi jingle dan maskot Pilkada Kota Jogja dan sambutan dari Forkopimda, KPU Kota Jogja, KPU DIY, dan ditutup hiburan Ndarboy pukul 21.00," kata Harsya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Festival Gunung Slamet Kampanyekan Kelestarian Lingkungan

News
| Minggu, 14 Juli 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Bogor Punya Banyak Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 13 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement