Advertisement

UGM Masuk Peringkat 100 Top Dunia THE Impact Rankings 2024

Lugas Subarkah
Kamis, 20 Juni 2024 - 17:17 WIB
Maya Herawati
UGM Masuk Peringkat 100 Top Dunia THE Impact Rankings 2024 Universitas Gadjah Mada / ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANUniversitas Gadjah Mada (UGM) mempertahankan posisi sebagai universitas top di dunia berdasarkan peringkat Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2024. Berdasarkan hasil pemeringkatan yang dirilis beberapa waktu lalu, UGM masuk dalam daftar posisi Top 100 Dunia untuk empat poin Sustainable Development Goals (SDGs).

Ketiga SDGs tersebut yakni SDG 7 yakni Affordable and Clean Energy, di urutan ke-66; SDG 8 atau Decent Work and Economic Growth urutan 56; SDG 9 atau Industry, Innovation and Infrastructure di urutan 89; SDG 1 atau No Poverty di urutan 17.

Advertisement

Pemeringkatan yang disusun oleh analis pendidikan tinggi global THE, didasarkan pada analisis terhadap 2.152 universitas di dunia untuk pemeringkatan secara keseluruhan dan meningkat hampir 25% dari jumlah universitas yang berpartisipasi pada tahun sebelumnya.

Rektor UGM, Ova Emilia, mengatakan keberhasilan UGM masuk dalam daftar Top 100 dunia menunjukkan kontribusi UGM dalam menjalankan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi betul-betul memberikan dampak nyata bagi masyarakat. “Apa yang sudah dilakukan oleh UGM telah mendapat pengakuan dari lembaga pemeringkat dunia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (20/6/2024). 

Ia berpesan agar UGM bukan hanya puas mempertahankan posisi namun juga meningkatkan kinerja berbasis SDGs agar ikut berperan dalam upaya Pemerintah yang mencanangkan ketercapaian SDGs di Indonesia di 2030. “Upaya mengarah ke sana sudah dimulai tahun ini, UGM sudah memiliki Kantor Sustainability yang mengawal kegiatan dan pemberitaan terkait kegiatan SDGs,” katanya.

BACA JUGA: BPS Catat Impor Beras Naik 165 Persen hingga Mei 2024

THE merupakan satu-satunya lembaga pemeringkatan yang mengukur kontribusi universitas-universitas di dunia berdasarkan 17 Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang dipromosikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Universitas Gadjah Mada (UGM) mengikuti keseluruhan 17 SDGs dalam pemeringkatan THE University Impact Rankings 2024. Metodologi yang digunakan oleh THE dalam pemeringkatan berdasarkan kontribusi pada 17 poin tujuan SDGs menggunakan penilaian beberapa metrik yang relevan dari setiap SDGs.

Pengumpulan data masing-masing metrik berasal dari berbagai sumber, termasuk data yang diajukan oleh universitas dan data bibliometric dari Elsevier. Ribuan universitas di seluruh dunia dapat berpartisipasi pada penilaian seluruh atau beberapa SDGs dengan ketentuan mengikuti minimal pada 4 SDGs,  di mana SDGs 17 sebagai SDGs yang wajib diikuti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilkada 2024, Warga Diimbau Pilih Calon Kepala Daerah yang Peduli Kesehatan Warga

News
| Sabtu, 05 Oktober 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement