Advertisement

Bawaslu Bantul Minta Coklit Dilakukan Langsung kepada Pemilih

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 21 Juni 2024 - 16:27 WIB
Maya Herawati
Bawaslu Bantul Minta Coklit Dilakukan Langsung kepada Pemilih Pilkada 2024 - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantul meminta agar Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) secara langsung mendatangi pemilih atau door to door.

“Kami akan memastikan prosedur coklit dijalankan dengan maksimal [sesuai aturan], antara lain Pantarlih harus mendatangi langsung [atau] door to door [ke pemilih],” ujar Ketua Bawaslu Bantul, Didik Joko Nugroho, Jumat (21/6/2024).

Advertisement

Selain itu menurut Didik, Pantarlih harus menjalankan tugasnya untuk melakukan coklit secara mandiri atau tidak diwakilkan dengan orang lain.

Menurut Didik, prosedur coklit dengan Pantarlih yang mendatangi langsung pemilih akan menghasilkan data yang akurat. Dari situ, Pantarlih akan mengetahui kondisi pemilih yang tercantum dalam DP4 Pilkada 2024.

Ada beberapa tantangan terkait akurasi data pemilih antara lain pemilih yang tercantum dalam DP4 padahal telah pindah ke daerah lain, atau telah meninggal dunia dapat diantisipasi. Dengan prosedur coklit yang telah ditetapkan, menurut Didik tantangan tersebut dapat diatasi.

BACA JUGA: Anies Baswedan Isyaratkan Akan Bertemu Prabowo Subianto

Dia menilai akurasi data pemilih dalam proses coklit tersebut diperlukan untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Bawaslu Bantul akan menerjunkan Panwaslu Kecamatan untuk mengawasi proses coklit yang akan mulai dilakukan pada Senin depan (24/6/2024).

“Jadi harapannya ketika Pantarlih menjalankan tugas dengan baik, akurasi data pemilih akan terwujud,” ujarnya.

Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kabupaten Bantul, Wuri Rahmawati menyampaikan jumlah pendaftar Pantarlih Pilkada 2024 masih belum mencukupi kebutuhan. “Saat ini pendaftar Pantarlih Pilkada 2024 mencapai 2.618 orang, dari kebutuhan 2.847 orang,” ujarnya.  

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, KPU Bantul meminta agar Panitia Pemungutan Suara (PPS) melakukan penunjukan langsung.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penarikan Paspor Firli Bahuri, Ditjen Imigrasi Bakal Cek Ulang

News
| Selasa, 16 Juli 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement