Advertisement

Geopark Jogja Siap Lakukan Pra Verifikasi untuk Pengusulan sebagai Geopark Nasional

Media Digital
Senin, 24 Juni 2024 - 18:47 WIB
Maya Herawati
Geopark Jogja Siap Lakukan Pra Verifikasi untuk Pengusulan sebagai Geopark Nasional Geopark Jogja akan mengadakan kegiatan pra/verifikasi pengusulan sebagai Geopark Nasional yang akan berlangsung dari tanggal 24 Juni hingga 27 Juni 2024.

Advertisement

JOGJA–Geopark Jogja akan mengadakan kegiatan pra-verifikasi pengusulan sebagai Geopark Nasional yang akan berlangsung dari tanggal 24 Juni hingga 27 Juni 2024. Kegiatan ini akan melibatkan serangkaian kunjungan ke beberapa lokasi penting yang memiliki nilai sejarah, geologi, dan budaya yang signifikan.

Hari Pertama (24 Juni 2024)

Advertisement

Kegiatan dimulai dari Heritage Track Kawasan Cagar Budaya Kraton Jogja, yang terkenal dengan sebutan The Cosmological Axis of Yogyakarta and Its Historic Landmark-World Heritage. Setelah itu, tim akan melanjutkan kunjungan ke Geosite Batugamping Eosen. Agenda selanjutnya adalah mengunjungi View Point Goa Jepang Pundong, Geosite Gumuk Pasir Parangtritis, dan diakhiri dengan kunjungan ke Geoproduk di Kampung Batik Giriloyo, Bantul.

BACA JUGA: Server Pusat Data Nasional Down Empat Hari, Pengguna Diminta Backup Data

Hari Kedua (25 Juni 2024)

Kunjungan dimulai di Museum Gunung Api Merapi, dilanjutkan dengan melihat aktivitas di Rumah Promosi dan Wisata Edukasi Jadah Tempe. Selanjutnya, tim akan mengunjungi Geosite Aliran Piroklastik Bakalan dan membahas Geosite Tangguh Bencana. Hari kedua ditutup dengan kunjungan ke Tebing Breksi Piroklastik Sambirejo sebagai kawasan geowisata.

Hari Ketiga (26 Juni 2024)

Kegiatan pada hari ketiga dimulai dengan kunjungan ke Kampus Lapangan Institut Teknologi Negeri Yogyakarta (ITNY) untuk melihat Pusat Informasi Geosite/Geocorner Geodiversity. Perjalanan dilanjutkan ke View Point Gunung Gajah dengan tema pembahasan Geopark Gunung Menoreh, kemudian diteruskan ke Geosite Mangan Kliripan Karangsari untuk membahas sejarah eks tambang mangan. Hari ketiga diakhiri dengan kunjungan ke Jemparingan Bajra Lungit untuk melihat Geo Activity.

Hari Keempat (27 Juni 2024)

Kegiatan pra verifikasi ditutup dengan kunjungan ke SMKN 2 Depok, Sleman, untuk melihat Geocorner yang dibuat oleh para siswa.

Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan kekayaan geologi, budaya, dan keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Yogyakarta, sekaligus untuk mendukung pengusulan Geopark Jogja sebagai Geopark Nasional. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, Geopark Jogja dapat semakin dikenal dan diakui, serta dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan pariwisata dan pendidikan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement