Advertisement

Sampah Kota Jogja Nyasar ke Bantul, Sekda DIY: Sudah Diminta Buang ke TPA Piyungan

Jumali
Sabtu, 06 Juli 2024 - 17:07 WIB
Maya Herawati
Sampah Kota Jogja Nyasar ke Bantul, Sekda DIY: Sudah Diminta Buang ke TPA Piyungan Sejumlah alat berat dikerahkan untuk membersihkan timbunan sampah di depo yang ada di wilayah Kota Jogja belum lama ini. - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemda DIY telah meminta kepada Pemkot Jogja untuk mengosongkan sampah di semua depo. Sampah tersebut hanya akan dibuang ke TPA Piyungan, bukan ke wilayah lainnya.

Sekda DIY Beny Suharsono mengatakan Kota Jogja tetap akan membuang sampah di TPA Piyungan, tepatnya di transisi satu dan transisi dua. Sehingga kasus pembuangan sampah Kota Jogja di Pundong dan Sanden, Bantul itu seharusnya tidak terjadi.

Advertisement

"Karena satu pintu kebijakannya Kota dengan Pemda DIY dan Bantul, Sleman mempunyai satu misi semua ke TPA Piyungan, di transisi satu dan transisi dua. Clear ya, supaya tidak jadi friksi," kata Beny di Bantul, Sabtu (6/7/2024).

Benny juga mengaku Pemda DIY menyambut jika ada pihak yang ingin bersama-sama mengolah sampah di DIY. Namun, itu semua harus dibarengi dengan komunikasi yang baik. "Tapi mari kita komunikasi," katanya.

BACA JUGA: YouTube Akan Pasang Fitur Baru yang Bisa Membisukan Lagu dengan Hak Cipta

Menurut Beny, dalam beberapa minggu terakhir, Pemda DIY telah meminta Pemkot Jogja mengosongkan sampah di depo yang ada. Ini sebagai bentuk tanggungjawab dari Pemda DIY terkait dengan desentralisasi pengelolaan sampah.

"Jadi provinsi diam, tidak lho, sementara yang dibully kan kami," ucapnya.

Mengenai masih adanya penumpukan sampah di depo-depo sampah di Kota Jogja, Beny menyerahkan persoalan itu kepada Pemkot Jogja. Sebab, Pemda DIY telah meminta Pemkot Jogja sebelum turun hujan agar target pengangkutan bisa mencapai 600 ton. "Artinya semangatnya memang harus dipompa lagi," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilkada 2024, Warga Diimbau Pilih Calon Kepala Daerah yang Peduli Kesehatan Warga

News
| Sabtu, 05 Oktober 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement