Advertisement

Viral 2 Bule Menipu di Kios Warga Gunungkidul, Begini Kronologinya

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 10 Juli 2024 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Viral 2 Bule Menipu di Kios Warga Gunungkidul, Begini Kronologinya Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dugaan penipuan oleh oleh dua orang wisatawan asing ternyata tidak hanya terjadi di Kalurahan Girisuko, Panggang. Bhabinkamtibmas Kalurahan Giripurwo Polsek Purwosari, Chorniawan Eka menyampaikan kedua bule tersebut juga diduga melakukan penipuan di Kalurahan Giripurwo, Purwosari.

Chorniawan menjelaskan dua bule tersebut datang pada Sabtu (6/7/2024) di sebuah kios Dusun Widoro RT 4 RW 1. Salah satu dari dua bule itu kemudian masuk dan berkatan akan membeli vitacik.

Advertisement

Dia lantas mengeluarkan uang pecahan Rp50.000 sebanyak dua lembar dan mengatakan akan menukarkan uang tersebut dengan uang Rp50.000 versi lama.

"Saksi satu kemudian mengeluarkan uang yang disimpan di etalase dan diminta oleh laki-laki tersebut. Bule ini berpura-pura mencari uang pecahan baru miliknya. Karena tidak mendapati uang pecahan itu, bule ini lalu mengembalikan uang tersebut," ucap dia, Rabu (10/7/2024).

Selanjutnya, bule tersebut mendatangi kios korban lain yang berada di tidak jauh dari kios pertama dengan bermodus serupa yaitu ingin menukarkan uang. Saksi dua mengeluarkan uang pecahan Rp100.000 dan Rp50.000 dengan total RpRp5.450.000.

BACA JUGA: Aneka Modus Penipuan selama Euro 2024, Tiket Palsu hingga Kripto Harry Kane

Bule ini juga berpura-pura mencari uang pecahan Rp50.000 miliknya. Berhubung uang pecahannya juga tidak ada kemudian uang milik korban dikembalikan.

Setelah itu dua bule laki-laki itu pergi. Menggunakan kecepatan tangannya, bule ini diduga mengambil sebagian uang milik korban. "Kerugian korban di kios pertama Rp400.000 dan kerugian korban di kios kedua Rp2 juta,” kata Chorniawan dihubungi, Rabu (10/7/2024).

Sementara itu, Kanitreskrim Polsek Panggang, Aipda Suyanto mengatakan dugaan penipuan oleh dua bule yang juga terjadi di Panggang tersebut masih belum ada kelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AHY Tergetkan Selesaikan 87 Kasus Mafia Tanah Tahun Ini

News
| Senin, 15 Juli 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement