Advertisement

PDIP dan Golkar Diprediksi Berkoalisi di Pilkada 2024 Gunungkidul

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 11 Juli 2024 - 09:57 WIB
Abdul Hamied Razak
PDIP dan Golkar Diprediksi  Berkoalisi di Pilkada 2024 Gunungkidul Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih sedang menyampaikan sikap politik PDIP dalam Pilkada 2024di Kompleks Sewokoprojo, Wonosari, Rabu, (10/7/2024). Harian Jogja - Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Menjelang Pilkada 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan (PDIP) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Gunungkidul menjalin komunikasi lebih intens.

Kedua partai politik (parpol) ini diprediksi akan berkoalisi untuk menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Pasalnya, Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih masuk radar pencalonan kepala daerah oleh Partai Golkar. 

Advertisement

Endah mengakui adanya pertemuan bersama Ketua DPD Golkar DIY, Gandung Pardiman beberapa waktu lalu. Hal itu menguatkan sikap politik partainya dalam Pilkada 2024. Setelah pertemuan inilah, Ketua DPD Golkar Gunungkidul, Heri Nugroho mengajak berkomunikasi lebih intens.

BACA JUGA: Surat Tugas untuk Bakal Calon Bupati dan Wabup Sleman dari PDIP Segera Turun Pekan Ini

Dia menegaskan komunikasi yang sebelumnya telah dijalin dengan PAN saat ini sudah berubah. Selain dengan Golkar, komunikasi juga dijalin dengan PKB.

“Kalau dengan Golkar yang ini agak serius setelah Mas Gandung datang kemarin. Pertemuan yang lalu itu seolah sudah menjurus kepada variabel-variabel kira-kira kalau biar menang bagaimana caranya,” kata ditemui di Kompleks Sewokoprojo, Wonosari, Rabu, (10/7/2024).

Dalam beberapa hari ke depan, Endah akan bertemu lagi dengan Heri Nugroho. Apabila Endah mendapat arahan untuk mendaftar lewat Partai Golkar, maka dia segera bertemu Gandung Pardiman untuk mendaftar melalui DPD Golkar DIY.

Adapun Endah selain mendaftar di internal PDIP juga telah mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah melalui Partai Demokrat.

Di PDIP ada dua pendaftar yang masuk penjaringan yaitu Endah Subekti Kuntariningsih dan KRT. Joko Parwoto Notonagoro. Adapun Endah juga telah mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah melalui Partai Demokrat. 

“Walaupun PDIP dengan Demokrat sudah cukup tetapi bagi kami sebanyak-banyaknya partai politik ini bisa mendukung tentu potensi untuk menang lebih besar. Terlepas calon wakilnya nanti siapa Insyaallah kalau berbicara mengusung sendiri kami dengan Demokrat sudah bisa mengusung sendiri,” katanya.

Ke depan, PDIP bersama parpol lain akan mendiskusikan bacalon kepala daerah yang akan diusung. Sampai saat ini, dinamika politik masih dinamis.

“Kami memahami juga situasi kebatinan di internal PKB dan PDIP, sehingga kami sangat membutuhkan PKB dan Golkar untuk kami ajak berkoalisi untuk nanti mau mengusung dan mendukung calon yang kami sodorkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! DPR Sahkan RUU Kementerian Negara jadi Undang-undang

News
| Kamis, 19 September 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement